Bupati: wanita berperan dalam pencegahan kemorosotan moral

id bupati sleman

Bupati: wanita berperan dalam pencegahan kemorosotan moral

Bupati Sleman, Sri Purnomo (Foto: jogja.antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo menyatakan bahwa selama ini wanita sangat berperan dalam pencegahan kemorosotan moral yang banyak terjadi saat ini.

"Wanita memiliki peran strategis dalam pencegahan kemorotan moral seperti kekerasan terhadap perempuan dan anak, kekerasan seksual terhadap anak-anak dibawah umur, dan penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja," kata Sri Purnomo pada Peringatan HUT ke-17 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sleman, Jumat.

Menurut dia, perempuan Indonesia sudah diakui pula menjadi pelaku utama dalam ketahanan keluarga.

"Sebagai pelaku utama dalam ketahanan keluarga, tugas wanita di era modern pun bertambah dengan membimbing anak-anak agar terhindar dari berbagai dampak buruk internet, diantaranya pornografi?online, prostitusi?online,?ataupun, cybercrime," katanya.

Ia mengatakan, anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sleman harus mampu menjadi teladan untuk memilah informasi secara baik dan bijak dalam menggunakan media sosial.

"Mampu secara cerdas dan bijak dalam mensikapi setiap informasi yang didapatnya, mampu memilih mana yang baik dan mana yang negatif," katanya.

Sri Purnomo berharap Dharma Wanita Persatuan khususnya di Kabupaten Sleman dapat terus menjadi mitra kerja bagi pemerintah.

"Utamanya dalam mendukung program-program pemerintah yang bertujuan mensejahterakan masyarakat," katanya.

Ketua Panitia HUT ke-17 DWP Kabupaten Sleman Noor Lisnani Arif Haryono mengatakan maksud dan tujuan pelaksanaan untuk memperkuat rasa kebersamaan dan bangga terhadap organisasi serta bentuk partisipasi dan kontribusi terhadap program pemerintah.

Untuk memperingati HUT DWP ke-17 diselenggarakan sejumlah rangkaian kegiatan seperti diantaranya bakti sosial (Selasa 28 Juni 2016).

"Dalam baktI sosial ini DWP Sleman membagikan 200 paket sembako murah bagi Pegawai Harian Lepas (PHL) di lingkungan Pemkab Sleman dan memberikan paket sembako gratis bagi warga yang membutuhkan seperti tukang becak, buruh gendong pasar, pemulung sampah," katanya.

Ia mengatakan, selain itu juga diselenggarakan seumlah rangkaian acara yaitu senam massal, donor darah dan pemeriksaan tulang (Jumat 18 November 2016), pembinaan rohani Islam (Jumat 25 November 2016, pembinaan rohani Nasrani (Jumat 2 Desember 2016 dan lomba kreasi jilbab (Jumat 2 Desember 2016.

Tampil sebagai pemenang dlam lomba kreasi jilbab di antaranya Erlis Nuryaningrum (PDAM), Tiknawati dan Meynita Dyah (Dikpora), Amila Fathania (BPN) dan Evi Laila (Bank Sleman). 
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024