Gua Pindul dipadati wisatawan

id wisata gua pindul

Gua Pindul dipadati wisatawan

Sejumlah wisatawan menggunakan pelampung menyusuri Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto Antara/Noveradika)

Gunung Kidul, 11/12 (Antara) - Pengelola Gua Pindul Bejiharjo Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengatakan jumlah wisatawan yang berkunjung mengalami lonjakan pada akhir pekan dan diperkirakan tetap padat pada Senin (12/12).

Petugas pengatur wisatawan Gua Pindul Arifin Sumbodo di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan dalam dua hari terakhir terjadi peningkatan jumlah kunjungan.

Pada Sabtu (10/12) terjadi peningkatan dengan jumlah kunjungan mencapai 5.000 orang, dan pada Minggu (11/12),  sudah ada lebih dari 8.000 pengunjung yang masuk melalui sekretariat setempat.

"Jumlah pengunjung mulai meningkat sejak Sabtu kemarin, dan kemungkinan akan terjadi sampai Senin," kata Arifin.

Ia mengatakan tiket masuk tetap sama tidak ada kenaikan yakni setiap satu orang ditarik Rp10.000 saat masuk dan penyewaan ban dan pemandu Rp35.000 per orang.

Pada saat Gua Pindul dipadati wisatawan seperti saat libur panjang akhir pekan, Arifin mengatakan harus melakukan pengaturan untuk masing-masing pokdarwis sehingga antrean pengunjung tidak lama, dan tidak terlalu berdesakan saat berada di dalam gua.

"Kami menempatkan 116 petugas dari empat sekretariat," katanya.

Sementara itu, wisatawan asal Semarang Ayu mengatakan harus mengantre hingga satu jam untuk memasuki obyek wisata Gua Pindul. Meski demikian, ia mengaku tetap antusias memasuki gua menggunakan ban.

"Saya baru pertama kali masuk Gua Pindul. Meski antrenya lama, tetapi tidak apa-apa," katanya. ***1***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024