Bupati resmikan pemanfaatan talud swadaya masyarakat

id pembangunan talud

Bupati resmikan pemanfaatan talud swadaya masyarakat

Ilustrasi pembangunan talud (foto p2kp.org)

Bantul (Antara) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Suharsono, meresmikan pemanfaatan talud yang dibangun dengan dana swadaya masyarakat Dukuh Samen, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro.

"Saya apresiasi warga atas peran dan dukungannya sehingga program pembangunan di Desa Sumbermulyo khususnya talud dapat berjalan baik," kata Bupati saat peresmian penggunaan talud di Desa Sumbermulyo Bantul, Senin.

Talud di Dukuh Samen tersebut dibangun dengan dana bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) Sumbermulyo dan dana swadaya masyarakat setempat, sebab fungsi fasilitas ini untuk kepentingan masyarakat.

"Saya berharap fasilitasi ini dapat terus kita pelihara dan dirawat dengan baik agar bisa terus berfungsi secara optimal, sehingga keberadaannya dapat terus dirasakan langsung oleh masyarakat," katanya.

Bupati mengatakan, pemkab terus mendorong pembangunan sarana di desa-desa, dan perhatian kepada desa kali ini sebagai salah satu komitmen dan tanggung jawab pemkab dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan yang dilaksanakan di desa sangat berpengaruh pada kemajuan Bantul, sehingga kualitas dan kuantitas pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa harus kita dorong," katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengajak semua pemangku kepentingan dan masyarakat desa untuk terus bekerja keras sesuai profesi masing-masing dengan tekat dan semangat kuat untuk merubah Bantul menjadi lebih baik.

Lurah Desa Sumbermulyo Anik Widayani mengatakan, pembangunan talud di Pedukuhan Samen sudah masuk perencanaan pada 2015, sehingga bisa diusulkan menggunakan APBDes di 2016 dan sebagian didukung dana swadaya masyarakat.

"Total biaya sebesar Rp89 juta dengan pekerjaan18 hari. Ini usulan dari bawah untuk dimasukkan dalam rencana pembangunan desa. Namun dana bukan murni APBDes namun ada swasaya masyarakat juga," katanya.

(KR-HRI)