Pemkab Bantul dukung sarasehan kebangsaan digelar ormas

id wakil bupati bantul

Pemkab Bantul dukung sarasehan kebangsaan digelar ormas

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul, (Antara Jogja) - Wakil Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih mendukung sarasehan tentang nilai-nilai Pancasila, kebangsaan, dan kebhinekaan yang digelar sebuah organisasi masyarakat di kabupaten ini.

"Kami apresiasi kepada para penggagas yang menyampaikan beberapa ide dan gagasan segar pentingnya membangun kembali komitmen kebangsaan khususnya di Bantul," katanya dalam sarasehan itu di Bantul, Selasa.

Menurut dia, Pemkab Bantul sangat setuju serta ikut mangayubagya atas diselenggarakannya sarasehan kebangsaan yang digagas ormas Benteng Kedaulatan, sehingga bersedia memfasilitasi kegiatan ini di gedung Pemkab Bantul.

Selain Wabup Bantul, sarasehan juga menghadirkan narasumber Kepala Pusat Studi Pancasila UGM Heri Santosa serta Kombes Polisi Arif Nurcahyo dari Polri serta tokoh intelektual muda Brotoseno.

"Pemkab Bantul sangat setuju dan senang hati ikut mangayubagya karena ini merupakan sebuah keprihatinan dan reflesi kita semua atas perjalanan kebangsaan dan kebhinekaan kita," kata Wabup.

Ia mengatakan bahwa pruralitas, realitas kebhinekaan yang ada di negara Indonesia termasuk di Bantul adalah suatu keniscayaan atau takdir tuhan, sehingga ini sebuah kebhinekaan yang perlu dihadapi bersama.

"Fenomena yang kita rasakan sekarang ini masyarakat sudah mulai lupa, bahwa Pancasila sebagai ideologi dasar negara kita adalah satu kesepakatan nasional dan jadi takdir semua bwha bangsa ditakdirkan secara beragam," katanya.

Untuk itu, kata Halim sapaan akrabnya mengatakan takdir itu yang harus bangsa ini terima dan bisa menjadikan sebagai satu rahmat sehingga bisa membangun bangsa secara bersama-sama.

Dalam sarasehan kebangsaan itu juga dilakukan pencanangan Bantul sebagai Kampung Pancasila oleh Wabup Bantul yang diikuti sejumlah narasumber acara tersebut.

"Pencanangan Kampung Pancasila dimulai dari Bantul untuk Yogyakarta, untuk Indonesia," kata Komandan Ormas Benteng Kedaulatan Sigit Priyono.***4***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024