Menhub imbau masyarakat hindari penumpukan penumpang

id Menhub imbau masyarakat hindari penumpukan penumpang

Menhub imbau masyarakat hindari penumpukan penumpang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Yogyakarta,(Antara Jogja) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat menghindari penumpukan penumpang berbagai moda transportasi pada puncak arus balik libur akhir dan awal tahun yang diperkirakan terjadi 1 Januari 2017.

"Kami mengimbau kepada mereka yang belum memiliki tiket (arus balik) agar menunda hingga tanggal 2 Januari pagi, siang, atau sore," kata Budi Karya disela meninjau kesiapan posko kereta api di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa.

Menurut Budi, puncak kepadatan arus balik pada libur kali ini terjadi pada Minggu (1/1) sore mengingat pada 2 Januari sekolah juga sudah mulai masuk. "Jadi sore itu akan padat sekali, lebih tinggi dari kepadatan mudik. Makannya kami anjurkan jangan tanggal satu saja," kata dia.

Ia memperkirakan tingginya arus balik dengan dampak kemacetan tertinggi akan terjadi di kawasan Bandara Soekarno Hatta, Tol Cipali, dan Pelabuhan Merak. "yang namanya Cipali kendaraan dari berbagai jurusan akan berkumpul di satu waktu," kata dia.

Tingginya arus balik itu, menurut dia, terlihat dari tingginya jumlah pemesan tiket pesawat untuk 1 Januari 2017 yang hingga saat ini tercatat mencapai 340.000 penumpang.

Sementara itu, ia mengatakan untuk moda transportasi kereta api di seluruh Indonesia sejauh ini memiliki kesiapan yang baik menyambut liburan akhir tahun ini.

"Tetapi memang kereta api kapasitasnya tertentu sehingga harus kami atur dengan baik, (penumpang) jangan berlebihan juga," kata dia.

(T.L007)