Sleman membuka "Aman Mart" tampung produk unggulan

id Ukm sleman

Sleman membuka "Aman Mart" tampung produk unggulan

Ilustrasi produk UMKM (Foto antarafoto.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Korps Pegawai Reublik Indonesia Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membuka Toko "Aman Mart" untuk membantu pemasaran berbagai produk unggulan dari daerah setempat.

"Toko Aman Mart" diresmikan langsung pengoperasionalannya oleh Bupati Sleman Sri Purnomo, Rabu.

Sri Purnomo mengatakan bahwa optimalisasi penggunaan produk lokal tidak cukup dilakukan dengan menjaga kualitas produk oleh pelaku usaha, namun perlu didukung publikasi dan partisipasi multisektoral sehingga memudahkan bagi pelaku usaha lokal dalam mengembangkan produknya.

"Saya mengapresiasi inisiatif Korpri Sleman dengan peluncuran `Aman Mart` sebagai prototipe usaha yang mengedepankan produk-produk lokal Sleman. Mudah-mudahan keberadaan Aman Mart dapat menjembatani kebutuhan konsumen dengan produsen. Untuk itu dibutuhkan peran aktif Korpri untuk jemput bola ke berbagai UMKM sehingga produk yang diperjualbelikan di Aman Mart semakin beragam," katanya.

Aman Mart berada di selatan lapangan Pemda Sleman dan bersebelahan dengan Kantor Korpri Kabupaten Sleman. Aman Mart dalam menjalankan usahanya selain menjual produk kebutuhan sehari-hari juga menjadi fasilitator produk pertanian seperti beras dan sayur organik hasil petani lokal Sleman serta produk UMKM Sleman.

Sri Purnomo mengimbau PNS Sleman untuk memanfaatkan Aman Mart dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Selain mudah dan terjangkau berbelanja di Aman Mart, secara tidak langsung membantu pemberdayaan UMKM dan memajukan perekonomian masyarakat Sleman," katanya.

Ketua Peringatan HUT ke-45 Korpri Kabupaten Sleman Retno Susiati menyampaikan bahwa puncak acara tersebut merupakan tahap akhir dari rangkaian acara peringatan HUT Korpri ke-45 yang dimaksudkan untuk mengapresiasi atas terselenggaranya berbagai kegiatan.

"Pembangunan Toko `Aman Mart` tersebut bertujuan guna lebih meningkatkan layanan anggota Korpri dengan menyediakan kebutuhan yang lengkap berbagai keperluan," katanya.

Ia mengatakan Aman Mart merupakan pengembangan usaha dari Koperasi Aman (Abdi Masyarakat Sleman) sebagai badan usaha Korpri Kabupaten Sleman yang dibentuk tahun 2007 telah melaksanakan beberapa usaha untuk memenuhi kebutuhan anggota Korpri Sleman.

"Pembangunan Aman Mart sekaligus bentuk partisipasi Korpri Kabupaten Sleman untuk berperan serta memberdayakan UMKM Sleman, oleh karena itu kami menyediakan produk lokal Sleman. Kami mengharapkan keberadaan Aman Mart dapat dimanfaatkan secara optimal oleh seluruh anggota Korpri dengan meramaikan dan memenuhi kebutuhannya," katanya.***3***

(V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024