PMI DIY siapkan pos pelayanan tahun baru

id PMI

PMI DIY siapkan pos pelayanan tahun baru

Palang Merah Indonesia (Foto Istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan Pos Pelayanan Pertolongan Pertama Tahun Baru 2017 di sepanjang jalur transportasi dan pariwisata di daerah ini.

"Berkaitan dengan perlunya pertolongan pertama untuk para pemudik atau wisatawan yang kemungkinan mengalami kecelakaan, kami menyiapkan delapan pos pelayanan dengan melibatkan seluruh PMI se-DIY," kata Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Warjiyani, di Yogyakarta, Rabu.

Ia mengatakan delapan pos pelayanan yang akan tersebar di lima kabupaten/kota itu dilengkapi 16 ambulans yang didukung 217 relawan dari masing-masing PMI di DIY. Kesiapsiagaan menyambut libur Tahun Baru 2017 itu, menurut dia, juga didukung Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan DIY.

"Posko itu akan melibatkan sukarelawan yang memiliki pengetahuan dan skill pertolongan pertama," kata dia.

Menurut dia pos pelayanan PMI di Kota Yogyakarta akan berfokus di kawasan Titik Nol Kilometer, Pos PMI Gunung Kidul akan bertempat di Markas PMI Gunung Kidul dan Pos Paliyan, Pos PMI Kulon Progo di markas PMI Kulon Progo dengan menempatkan ambulans di alun-alun dan Waduk Sermo, Pos PMI Bantul di markas PMI Bantul dengan penyaiagaan ambulans di simpang empat Bakulan dan Pos Lalu Lintas Pasar Ngangruk, dan Pos PMI Sleman akan ada di markas Tempel dan Pakem.

"Saat malam tahun baru ambulans PMI akan berkeliling ke tempat-tempat wisata," kata dia.

Ia melanjutkan, untuk ketersediaan stok darah di selama libur Natal hingga Tahun Baru 2017, stok darah PMI se-DIY masih aman."Stok darah aman," kata dia.***4***


(L007)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024