Waduk Sermo dijadikan pusat acara pergantian tahun

id sermo

Kawasan objek wisata Waduk Sermo di Kulon Progo (mpkd.ugm.ac.id)

Kulon Progo (Antara) - Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan acara pergantian Tahun Baru 2017 di objek wisata Waduk Sermo yang dimeriahkan kesenian tradisional angguk, musik krumpyung, dan jatilan.

"Puncak pergantian tahun akan dimeriahkan dengan pesta kembang api," kata Kabid Pemasaran Pariwisata Disparpora Kulon Progo Hudi Priyanti di Kulon Progo, Kamis.

Selain itu, lanjut Hudi, Disparpora kerja sama dengan Jogja Pro menggelar fashion show batik yang diperagakan oleh anggofa Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) dan dimas-diajeng Kulon Progo.

Forkompinda yang akan ikut fashion show adalah Plt bupati, Dansatradar Congot, Kabag Hukum Polres Kulon Progo, Dandim 731, Kepala Disparpora, Kepala Disperindag-ESDM, Kepala Diskop-UMKM, dan Kabag hukum.

"Mereka akan memperagakan batik. Fashion show ini sepenuhnya didukung Faras Batik," katanya.

Hudi mengatakan alasan Waduk Sermo dipilih, yakni untuk mendukung program Bedah Menoreh dan pengembangan wisata di wilayah utara. Selain itu juga untuk memecah konsentrasi massa yang biasa tertumpuk di beberapa titik pusat kota saat malam pergantian tahun.

"Rata-rata jumlah pengunjung Waduk Sermo di hari biasa sekitar 200 orang, saat malam pergantian tahun kami target 1.000 pengunjung, harga tiket retribusi sama sesuai ketetapan Perda yakni Rp5.000 ribu per orang," katanya.

Demi kelancaran acara, lanjutnya, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait termasuk Pokdarwis khususnya untuk jaminan kemananan, dengan menambah rambu-ramu penunjukn jalan.

"Terkait keamanan sudah siap, besok kami akan lakukan rapat koordinasi terakhir. Acara nanti akan dimulai 19.00 hingga 00.00 WIB," lanjutnya.

Kru Jogja Pro Eko Sutarmo menambahkan selain kesenian tradisional, pihaknya akan memberikan sentuhan pertunjukan yang lebih modern, yakni fashion show dan pentas musik keroncong jenaka. Fashion show akan diikuti Forkompimda Kulon Progo.

Selaian fashion show dan keroncong jenaka, juga akan digelar beam lighting show. Pengunjung akan disuguhi sinar lampu beam di venue acara dengan mengambil latar pemandangan alam waduk sermo.

"Elektronik dance musik juga akan digeber sembari menunggu hitungan mundur malam tahun baru, ada 300 shoot kembang apai yang dihelat selama kurang lebih 10 menit. Kita juga akan mainkan lampu tembak warna-warni dengan latar Waduk Sermo," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar