Korem 072 Pamungkas siap amankan Piala Presiden

id piala presiden

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setyawan menyatakan TNI dan Polri Daerah Istimewa Yogyakarta siap mengamankan pembukaan Piala Presiden 2017 yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo pada Sabtu (4/2).

"Personel yang kami terjunkan disesuaikan dengan kebutuhan. Namun seluruh sumber daya yang kami miliki diproyeksikan untuk mengamankan baik langsung atau tidak langsung," kata Fajar seusai Rapat Koordinasi Pengaman RI 1 di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat.

Fajar mengatakan hingga rapat koordinasi dilakukan pihaknya belum mendapatkan kepastian mengenai kedatangan Presiden Joko Widodo ke Yogyakarta.

"Jadi datang atau tidak kami belum tahu. Sampai sekarang belum ada pemberitahuan langsung dari Jakarta," kata dia.

Meski demikian, ia mengatakan persiapan seluruh personel termasuk mekanisme pengamanannya telah dilakukan jauh hari untuk menyambut orang nomor satu di Indonesia itu dalam acara yang akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman.

"Ini (rakorpam) sebagai langkah antisipasi saja. Agar jika jadi datang (pengamanan) bisa berjalan sesuai rencana dan SOP yang ada," kata dia.

Sementara itu, menyinggung upaya antisipasi jika terjadi konflik atau kerusuhan antar suporter klub sepak bola dalam turnamen itu, ia juga memastikan baik TNI maupun Polda DIY telah memiliki prosedur pengamanan yang ketat. "Terkait suporter kami sudah ada SOP-nya. Sudah ada aturan mainnya," kata Fajar.

Piala Presiden 2017 akan diikuti oleh 20 klub, di mana 18 klub merupakan klub Indonesia Super League (ISL) dan sisanya adalah juara serta "runner up" Divisi Utama.

Turnamen pra-musim ini dimulai pada Sabtu (4/2) ditandai dengan sepak mula di Stadion Maguwoharjo, Sleman, dan berakhir pada 12 Maret 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Sesuai dengan rencana, pembukaan turnamen ini bakal dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. Dalam pertandingan pembuka sendiri akan mempertemukan PSS Sleman melawan Persipura.***2***

(L007)