Kabupaten Sigi kembangkan bambu di lahan tandus

id bambu

Kabupaten Sigi kembangkan bambu di lahan tandus

Bupati Sigi Mohamad Irwan saat melihat budi daya banbu di BBPPBPTH di Sleman Yogyakarta. (foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (Antara) - Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, tertarik untuk mengembangkan dan membudidayakan tanaman bambu di lahan tandus untuk program peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Tanaman bambu ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi, kami tertarik untuk membudidayakan tanaman ini di lahan-lahan tandus yang ada di Sigi," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan saat berkunjung ke Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Sleman, Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, di Kabupaten Sigi terdapat lahan tandus yang cukup luas sehingga bila dapat dikembangkan budi daya tanaman bambu maka akan dapat mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kami datang ke sini untuk belajar bagaimana membudidayakan tanaman bambu. Kami harapkan kerja sama kami dengan BBPPBPTH ini dapat membantu dalam upaya budi daya bambu di wilayah kami," katanya.

Ia mengatakan, diharapkan budi daya bambu di Kabupaten Sigi dapat terealisasi dan dapat berhasil dengan baik.

"Kami akan kirimkan tim dari SKPD terkait untuk belajar teknik-teknik budi daya bambu, dan cara-cara pembibitannya. Kami juga akan datangnya peneliti dari BBPPBPTH untuk melihat kondisi lahan tandus di Sigi agar upaya budidaya ini dapat berhasil," katanya.

Irwan mengatakan, nilai ekonomis dari tanaman bambu ini cukup banyak mulai dari bahan bangunan, produk mebel, produk kerajinan hingga untuk peralatan memasak.

"Nilai ekonomis dari bambu ini yang kami harapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sigi. Ada lebvih dari 1.000 hektare lahan tandus di Sigi yang dapat dikembangkan untuk budi daya bambu," katanya.

Kepala BBPPBPTH Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tandya Tjahjana mengatakan kesepakatan inisiasi kerja sama yang akan ditindaklanjuti dengan Nota

Kesepahaman (MoU) antara Bupati Sigi dengan Kepala Badan Litbang dan Inovasi serta Perjanjian Kerjasama antara BBPPBPTH dengan Pemerintah Kabupaten Sigi.

(V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024