Tingkat partisipasi pemilih Yogyakarta capai target

id pemilih

Tingkat partisipasi pemilih Yogyakarta capai target

ilustrasi pemilih (antarafoto.com)

Jogja (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta menilai tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah cukup baik, bahkan berdasarkan data formulir C1 yang diunggah di laman KPU menunjukkan tingkat partisipasi melebihi target.

"Angka partisipasi pemilih berdasarkan data formulir C1 yang diunggah di laman KPU mencapai 71 persen. Kami berharap, hasil rekapitulasi manual juga menunjukkan angka yang sama," kata Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto di Yogyakarta, Jumat.

Sebelumnya, KPU Kota Yogyakarta memasang target tingkat partisipasi pemilih pilkada pada angka 67,5 persen atau lebih baik dibanding tingkat partisipasi pemilih pada pilkada periode sebelumnya sebanyak 64,5 persen.

Berdasarkan data formulir C1 yang diunggah ke laman KPU, total jumlah pemilih tercatat sebanyak 301.458 orang dan pemilih yang menggunakan hak pilihnya mencapai 214.171 orang.

Pemilih dari kaum perempuan memiliki tingkat partisipasi 73,6 persen atau lebih baik dibanding tingkat partisipasi pemilih dari kaum laki-laki sebanyak 68,3 persen.

Selain itu, tingkat partisipasi pemilih dari penyandang disabilitas juga diketahui cukup baik mencapai 70,9 persen. Jumlah pemilih dari penyandang disabilitas tercatat sebanyak 494 orang dan sebanyak 350 orang menggunakan hak pilihnya.

"Saat ini, proses rekapitulasi suara masih dilakukan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan akan dilanjutkan di tingkat KPU Kota Yogyakarta mulai 22 Februari," katanya.

Wawan menegaskan, hasil resmi penghitungan suara pilkada akan tetap didasarkan pada hasil rekapitulasi suara yang dilakukan secara manual. "Data formulir C1 yang diunggah ke laman KPU merupakan upaya kami untuk memenuhi hak publik. Data tersebut baru sementara karena dimungkinkan ada perbaikan dalam proses rekapitulasinya," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Kota Yogyakarta Agus Muhammad Yasin mengatakan, proses pemungutan suara berjalan dengan baik meskipun ada beberapa catatan yang ditemukan pada hari H, seperti kelebihan surat suara di TPS 96 Gunungketur, dan masih ada alat peraga yang terpasang pada hari pemungutan suara.

(E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024