Dishub pasang pagar pengaman jalan tiga titik

id Dishub

Dishub pasang pagar pengaman jalan tiga titik

Dinas Perhubungan, logo (ist)

Bantul (Antara) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tahun ini akan memasang pagar pengaman di tiga titik pinggir ruas jalan daerah ini guna melindungi para pengguna jalan jatuh sampai ke jurang.

"Ada usulan tambahan pagar pengaman di pinggir jalan," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul Agus Jaka Sunarya di Bantul, Senin.

Tiga ruas jalan di Bantul yang akan dipasangi pagar pengaman jalan yang terbuat dari besi baja tersebut adalah jalan di Ngablak wilayah Pleret, kemudian ruas jalan di Sriharjo Imogiri dan ruas jalan di Mangunan Kecamatan Dlingo.

Tiga ruas jalan tersebut dinilainya penting dipasangi pagar pengaman jalan sebab di salah satu sisi jalur yang cukup ramai kendaraan tersebut terdapat jurang karena lokasinya berada di daerah perbukitan.

"Kalau panjang pagar pengamannya bervariasai mulai dari 40 meter sampai 90 meter. Untuk jalan di Pleret panjangnya 52 meter, di Sriharjo 90 meter, kemudian di Mangunan Dlingo panjangnya 40 meter," katanya.

Selain pagar pengaman jalan, kata dia, pada tahun 2017, Dishub Bantul juga merencanakan memasang sejumlah rambu-rambu peringatan bagi pengguna jalan diantaranya lampu flash dan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL).

"Kemudian keterkaitan dengan rambu peringatan untuk tahun ini kita memasang `flash lamp` tujuh titik tersebar di beberapa wilayah Bantul, kemudian APILL di satu lokasi. Akan tetapi, lokasinya belum tahu karena masih dikomunikasikan," katanya.

Untuk rambu-rambu jalan lainnya, kata dia, Dishub Bantul mengusulkan pemadangan berbagai rambu jalan untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas kendaraan dari Imogiri sampai Dlingo yang berada di wilayah perbukitan.

"Rambu-rambu jalan provinsi dari Imogiri sampai Mangunan Dlingo sudah kami mintakan ke DIY sebanyak 47 titik. Rambu itu di antaranya rambu pendahulu penunjuk jurusan (RPPJ), petunjuk jalan naik, turun, belok, dan petunjuk jurang," katanya.

(KR-HRI)