Gunung Kidul belum salurkan rastra

id raskin

Gunung Kidul belum salurkan rastra

Ilustrasi rastra (FOTO ANTARA)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, belum menyalurkan beras untuk keluarga sejahtera atau rastra yang menurut jadwal seharusnya didistribusikan Januari.

Kepala Sub Bagian Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Bagian Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Gunung Kidul Suyono di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan pihaknya belum bisa menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat.

"Biasanya rastra mulai didistribusikan Januari, tetapi sampai saat ini belum bisa," kata Suyono.

Menurut dia, mundurnya ini karena terhambat penyiapan program lain, seperti e-voucher. Kemungkinan distribusi rastra baru akan dilakukan pada awal Maret, sampai April 2017 mendatang.

"Paling cepat Maret, paling lambat April, rastra sudah terdistribusikan," katanya.

Suyono mengatakan penerima manfaat 2017 ini, terdapat sebanyak 88.267 keluarga. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penerima manfaat pada 2016 lalu yang hanya sebanyak 80.243 keluarga.
"Jumlahnya meningkat dibanding tahun lalu," katanya.

Ia mengatakan program pengganti beras menjadi e-voucher belum bisa dilakukan. Ia masih menunggu keputusan dari pusat terkait kapan bisa digunakan di Gunung Kidul.

"Saat ini baru Kota Yogyakarta, kami masih menunggu keputusan dari pusat," katanya.

Ketua DPRD Gunung Kidul Suharno berharap penyaluran beras sejahtera tepat sasaran, sehingga bisa dinikmati masyarakat yang membutuhkan.

"Kalau perlu datanya diperbaharui, sehingga tepat sasaran," katanya.

KR-STR