DIY tingkatkan kapasitas Jalan Palbapang-Barongan

id perbaikan jalan bantul

Bantul (Antara Jogja) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan meningkatkan kapasitas jalan dari Simpang Empat Palbapang ke timur- Simpang Empat Barongan yang ada di Kabupaten Bantul.

"Dalam waktu dekat akan dilakukan peningkatan jalan di Palbabang sampai Barongan, itu pekerjaan Pemda DIY karena alan provinsi," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul Agus Jaka Sunarya di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, peningkatkan kapasitas jalan di jalur Palbapang wilayah Kecamatan Bantul sampai simpang empat Barongan yang masuk wilayah Kecamatan Jetis ini karena kondisi jalan yang sebagian aspal sudah mengelupas.

Selain itu, kata dia, lebar jalan di sepanjang jalur tersebut dinilai masih sempit sementara lalu lintas kendaraan yang melintas sudah padat, sehingga ketika berpapasan dengan kendaraan besar kurang nyaman bagi pengemudi.

"Ditingkatkan karena volume kendaraan yang melintas di situ sudah padat, juga jalan alternatif namun untuk papasan sulit sehingga perlu ada peningkatan. Kalau tidak salah akan diperlebar satu meter di sepanjang jalan itu," katanya.

Agus Jaka mengatakan, tidak mengetahui panjang jalur Palbapang sampai Barongan itu, namun pekerjaan peningkatan jalan di jalur yang juga menjadi jalur alternatif bagi wisatawan pantai itu merupakan usulan tahun 2016.

"Kalau panjang jalannya tidak hafal karena itu dari DIY, kita hanya diajak koordinasi untuk pekerjaan itu. Itu usulan tahun 2016 untuk dilaksanakan pada tahun ini," katanya.

Ia mengatakan kewenangan Dishub Bantul untuk mendukung kelancaran lalu lintas pada jalur Palbapang sampai Barongan berkaitan dengan penyediaan sarana dan prasarana serta rambu-ramu jalan setelah pekerjaan jalan selesai.

"Kewajiban Bantul itu berkaitan dengan aset yang ada di sana, APILL, PJU, dan rambu-rambu lainnya itu milik Bantul. Dengan peningkatan jalan otomatis ada rambu yang akan dipasang," katanya.

(KR-HRI)