Disdukcapil harapkan masyarakat sabar dapatkan kartu e-KTP

id E ktp

Disdukcapil harapkan masyarakat sabar dapatkan kartu e-KTP

Ilustrasi perekaman data pembuatan e-KTP (Foto antaranews.com)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan masyarakat yang belum mendapatkan fisik kartu tanda penduduk elektronik bersabar karena sampai sekarang blanko belum dikirim dari pusat.

"Kami sudah tidak memiliki blangko lagi untuk mencetak," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Gunung Kidul Eko Subiantoro di Gunung Kidul, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya memberikan surat keterangan kepada masyarakat yang belum mendapatkan e-KTP. Saat ini sebanyak 35.215 masyarakat terpaksa mengantre untuk mencetak KTP elektroniknya. Dari jumlah itu, baru sebanyak 18.325 pemohon yang mendapatkan surat keterangan. Puluhan ribu sisanya, masih belum mendapatkan.

"Kami meminta maaf atas keterlambatan blanko pencetakan KTP elektronik ini dari pusat. Untuk itu, kami berikan surat keterang dengan fungsi yang sama," katanya.

Eko mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pusat agar segera dilakukan pengiriman blangko. Catatanya ada kegagalan lelang pengadaan blangko KTP elektronik terjadi dua kali, yakni pada Oktober 2016, dan pada Februari 2017 ini. Blangko untuk pencetakan pun diperkirakan baru dapat tersedia pada April 2017.

"Kemungkinan baru tersedia pada April, tetapi kami belum mengetahui," katanya.

Ia mengatakan surat keterangan ini berfungsi seperti ezKTP, hanya saja terbuat dari kertas biasa, dan bisa digunakan untuk kepentingan apapun. Meski demikian, pihaknya mengingatkan agar menyimpan di tempat yang baik agar tidak mudah rusak.

"Masyarakat perlu hati-hati menyimpannya karena tidak tahan lama dan rawan hilang," katanya. ***2***

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024