Kulon Progo gelar MTQ diikuti 300 kafilah

id mtq

Ilustrasi (antaranews.com)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran 2017 yang diikuti 300 kafilah dari 12 kecamatan wilayah ini.

Ketua Penyelenggara MTQ Tingkat Kabupaten Kulon Progo Arief Sudarmanta di Kulon Progo, Selasa, mengatakan cabang perlombaan yaitu cabang Khottil Quran, Tartil Quran, Tilawah, Fahmil Quran, Tahfidzil Quran, Syahril Quran, dan Tafsir Quran.

"MTQ kali ini diikuti 300 kafilah dari 12 kecamatan di Kulon Progo, mulai dari usia SD hingga dewasa," kata Arief.

Ia mengatalan lokasi pelaksanaan lomba disebar di 20 tempat baik itu di gedung-gedung instansi pemerintahan, sekolahan, puskesmas, masjid, KUA, bekas Bank Pasar maupun tempat-tempat lain seperti terminal, dan Pasar Kokap.

"Pelaksanaan MTQ selain untuk ajang lomba dalam seni membaca atau melantunkan ayat-ayat suci Al Quran juga sebagai media seleksi kafilah yang berprestasi untuk dikirim ke tingkat provinsi," kata dia.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kulon Progo Budi Antono mengharapkan kegiatan MTQ ini dapat mendorong generasi Islami yang tidak hanya pandai melantukan seni baca Al Quran tetapi juga bisa memotivasi untuk hafal Al Quran.

Menurut dia, semakin banyak generasi muda Islam yang hafal Al Quran, mental umat daerah ini khususnya dan Indonesia umumnya akan lebih baik. Hal ini tentunya juga berdampak pada perilaku umat yang semakin baik, dalam tataran kehidupan masyarakat maupun pemerintahan.

"Kami berharap setiap tahun terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas Qori dan Qoriah maupun Hafidz Al Quran di setiap kecamatan di Kulon Progo," katanya.
KR-STR
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar