Yogyakarta susun kajian jaringan trayek bus sekolah

id bus

Yogyakarta susun kajian jaringan trayek bus sekolah

Ilustrasi bus (Foto antaranews.com)

Yogyakarta (Antara) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan menyusun kajian mengenai jaringan trayek bus sekolah untuk kemudian diajukan ke Pemerintah Pusat sebagai dasar memperoleh bantuan bus.

"Beberapa kota besar di Indonesia sudah memiliki bus sekolah. Kota Yogyakarta pun berharap bisa mewujudkannya. Namun, kami harus melakukan kajiannya terlebih dulu," kata Kepala Seksi Penyelenggara Angkutan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Tri Haryanto di Yogyakarta, Ahad.

Menurut dia, latar belakang penyusunan jaringan trayek bus sekolah adalah kondisi lalu lintas di Kota Yogyakarta yang semakin lama semakin padat, khususnya saat jam pergi atau pulang sekolah.

Akibat volume kendaraan yang terus meningkat dari tahun ke tahun, lanjut Tri, potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas juga semakin tinggi. "Ini yang kemudian coba kami cari cara untuk mengatasinya. Salah satunya adalah operasional bus sekolah," katanya.

Ia menyebut, korban kecelakaan di jalan raya didominasi oleh pengguna sepeda motor. "Padahal, banyak siswa sekolah khususnya SMA/SMK yang menggunakan sepeda motor untuk ke sekolah, meskipun usia mereka terkadang belum cukup untuk memiliki surat izin mengemudi (SIM)," ujar dia.

Bus sekolah tersebut, lanjut dia, bisa menjadi salah satu alternatif angkutan yang berkeselamatan dan sekaligus mengurangi volume kendaraan pada waktu-waktu tertentu.

"Setelah hasil kajian ini selesai, maka kajian akan kami tawarkan ke pusat atau bisa dijadikan sebagai `corporate social responsibility` (CSR)," katanya.

Selain dioperasionalkan menggunakan bus baru, Tri menyebut, operasional bus sekolah bisa dijadikan satu dengan Transjogja.

"Misalnya saja, pemerintah memberikan pelayanan ke siswa yang tinggal di gang-gang kecil dengan kendaraan `feeder` untuk kemudian diantar ke halte Transjogja terdekat," katanya.

Solusi lain yang bisa digunakan, lanjut dia, adalah dengan mengubah rute Transjogja agar lebih banyak melalui sejumlah sekolah di Kota Yogyarkarta.

(E013
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024