PDAM perbaiki mesin pompa air Pantai Baron

id PDAM Tirta Handayani

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Handayani Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah memperbaiki mesin pompa di sumber air Pantai Baron yang terbakar pada Sabtu (25/3).

Direktur Utama PDAM Tirta Handayani Gunung Kidul Isnawan Febriyanto di Gunung Kidul, Senin, mengatakan instalasi sumber air melalui Baron mengalami gangguan.

Sampai saat ini, petugas terus berupaya melakukan normalisasi jaringan yang rusak akibat pompa air terbakar. "Sejak Sabtu malam pompa rusak akibat terbakar," kata Isnawan.

Ia mengatakam dengan kondisi seperti ini sejumlah lokasi mengalami gangguan, dari 4.000-an pelanggan dari sumber air Baron hanya sebagian yang terganggu. Namun demikian, pihaknya sudah memperbaiki dan mengganti pompa baru.

"Namun demikian tidak hanya selesai pada pemasangan. Masih diperlukan setting tegangan PLN. Mudah-mudahan segera mengalir," katanya.

Salah seorang warga Padukuhan Melikan, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari. Suyatmi mengatakan saluran air PDAM terkendala sekitar tiga hari lalu. "Air PDAM mampet, padahal sebelumnya lancar," katanya.

Ia mengatakan untuk memenuhi kebutuhan air sehar-hari, pihaknya membeli air dari tangki swasta dengan harga Rp120 ribu per tangki.

Ia meminta PDAM segera menyikapi terkait dengan tersendatnya aliran air. "Semoga air PDAM bisa segera diatasi," harapnya.

(KR-STR)