UNBK tiga SMK Bantul alami listrik padam

id UNBK

UNBK tiga SMK Bantul alami listrik padam

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Lucky R)

Bantul (Antara) - Tiga sekolah menengah kejuruan di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalami listrik padam pada hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer pada Senin (3/4).

"Jaringan listrik sempat padam, akibatnya waktu pelaksanaan UNBK di tiga sekolah tersebut mundur dari jadwal," kata Kepala Balai Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY Suhirman usai pemantauan UNBK SMK di Bantul, Senin.

Menurut dia, tiga sekolah yang mengalami gangguan jaringan dan listrik padam tersebut yakni SMK Ma`arif Kretek dan SMK Muhammadiyah Kretek serta SMK Pariwisata yang berlokasi di Jalan Parangtritis, Bantul.

Ia menjelaskan karena listrik padam, maka peserta UNBK di masing-masing sekolah tidak dapat langsung melakukan login untuk mengerjakan soal ujian dan baru bisa mulai ujian setelah pihak sekolah menyalakan genset 30 menit kemudian.

"Untung sekolah-sekolah tersebut menyediakan genset sehingga dapat segera terkondisikan. Kalau tidak ada genset, mundurnya bisa lebih lama lagi," katanya.

Sementara itu, Kepala SMK Pariwisata Bantul Sukarno mengatakan, padamnya listrik sesaat sebelum memulai UNBK terjadi sangat mendadak dan secara tiba-tiba sebab tidak ada pemberitahuan sebelumnya, tetapi sekolah sudah siap genset.

Menurut dia, akibat padamnya listrik sekolah menyebabkan pelaksanaan UNBK menjadi mundur dari jadwal yang sudah ditentukan. Ujian yang rencananya dimulai pukul 07.30 WIB terpaksa mundur hingga pukul 08.00 WIB dan peserta baru dapat melakukan login ulang.

"Siswa sempat panik karena harus menunggu, terlambatnya sekitar 30 menit, karena mati sekitar pukul 7.35 WIB dan kita baru bisa menyalakan genset sekitar pukul 08.00 WIB," katanya.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono usai memantau pelaksanaan UNBK jenjang SMK Bantul mengatakan pelaksanaan ujian di setiap sekolah harus berjalan sesuai prosedur dan para pengawas diharap jangan sampai mengganggu konsentrasi siswa.

"Misalnya dalam pemantauan UNBK tidak boleh berjalan-jalan yang justru mengganggu konsentrasi peserta UNBK, pengawas cukup duduk saja sambil mengawasi," katanya.

(KR-HRI)