TNI AU berziarah di Monumen Ngoto Memperingati HUT

id TNI AU berziarah di Monumen Ngoto Memperingati HUT

TNI AU berziarah di Monumen Ngoto Memperingati HUT

Loago TNI AU (riderantimabox.wordpress.com)

Bantul, (Antara Jogja) - Keluarga besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara berziarah ke Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto Desa Bangunharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-71 TNI AU, Jumat.

Kepala Dinas Personel Pangkalan Udara Adisutjipto Kolonel Pnb Dedy Susanto yang memimpin ziarah di Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto tersebut mengatakan ziarah ini merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan Lanud Adisutjipto Yogyakarta.

"Ziarah adalah rutin dilaksanakan setiap ada event penting, karena ini wujud dari pengabdian dan doa bersama. Dengan ziarah diharapkan memberikan manfaat baik yang sudah meninggal maupun yang masih hidup," kata Dedy.

Selain itu, kata Dedy Susanto, ziarah ke Monumen Ngoto ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan jelang peringatan HUT TNI AU pada 9 April 2017 yang sebelumnya telah dilaksanakan berbagai kegiatan baik dibidang olah raga maupun sosial.

"Semua ini juga dalam rangka mengisi kegiatan Bulan Dirgantara," kata Kepala Dinas Personel Lanud Adisutjipto.

Berdasarkan sejarah di Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto ini dimakamkan dua jasad tokoh terdahulu dan Pahlawan Nasional yaitu Adisutjipto dan Abdulrachman Saleh masing-masing bersama istri.

Adisutjipto dan Abdulrachman Saleh merupakan dua Pahlawan Nasional dari TNI Angkatan Udara ini gugur pada peristiwa ditembakjatuhnya pesawat VT-CLA oleh pesawat Kitty Hawk Belanda pada 29 Juli 1947.

Sementara itu, Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjipto Yogyakarta Mayor Sus Giyanto mengatakan, ziarah diikuti sekitar 200 orang dari tiga instansi TNI AU di antaranya anggota AAU, Ruspau Hardjolukito dan Taruna Akademi TNI AU.

"Prosesi ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan penempatan karangan bunga. Setelah upacara penghormatan selesai dilanjutkan dengan tabur bunga ke setiap pusara," katanya.

(T.KR-HRI)