Panja: pemilihan Rektor UGM telah sesuai aturan

id Panja: pemilihan Rektor UGM tak ada kecurangan

Panja: pemilihan Rektor UGM telah sesuai aturan

Universitas Gadjah Mada (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Ketua Panitia Kerja Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM periode 2017-2022 Indarto menegaskan proses seleksi dan pemilihan Rektor UGM yang sedang berlangsung saat ini berjalan dengan transparan, akuntabel, dan telah sesuai aturan.
     
"Semua berjalan transparan dan sesuai aturan," kata Indarto menanggapi dugaan pelaksanaan seleksi dan pemilihan Rektor UGM diwarnai kecurangan maupun persekongkolan oleh Panitia Kerja (Panja) Seleksi dan Pemilihan Rektor, Minggu.
     
Sebelum tahapan penilaian oleh Senat Akademik, Panja Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM telah menjaring aspirasi melalui Forum Aspirasi Masyarakat Universitas yang terdiri atas forum aspirasi dosen guru besar, dosen non-guru besar, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.
     
"Banyak aspirasi diperoleh para bakal calon rektor pada Forum Aspirasi Masyarakat Universitas itu. Bukti bahwa proses seleksi dan pemilihan Rektor UGM itu terbuka dan melibatkan masyarakat universitas," katanya.
     
Indarto berharap semua pihak bisa ikut menjaga agar proses seleksi dan pemilihan Rektor UGM berjalan baik dan tidak terjebak pada rumor-rumor yang belum jelas. Semua pihak bisa mempercayakan kepada para anggota Senat Akademik maupun Majelis Wali Amanat dalam proses pemilihan kali ini.
   
"Kami percaya sepenuhnya bahwa anggota Senat Akademik maupun MWA itu cerdas dan berintegritas sehingga tidak perlu lagi diragukan otonominya sebagai pemegang suara dalam menyeleksi kandidat. Kita ciptakan suasana yang teduh, damai, dan berkeadilan," katanya.
   
Indarto juga mengaku senang proses seleksi ini mendapat perhatian banyak kalangan, baik internal maupun eksternal termasuk Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang terus memantau proses seleksi dan pemilihan Rektor UGM.
    
Anggota Panja Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM Arie Sujito menambahkan sejauh ini proses telah berlangsung dengan baik dan berbagai tahapan dilalui secara transparan dan sesuai aturan.
     
"Saya berharap jangan ada spekulasi dengan rumor atau dugaan yang tidak berdasar. Saya justru balik bertanya, apa yang dimaksud dengan dugaan persekongkolan? Apa yang dilanggar dari aturan mainnya?," katanya.
     
"Untuk itu, saya berharap agar semua pihak mengawasi proses Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM itu dengan semangat menjaga nama baik UGM dan demi penegakan prinsip demokrasi kampus. Mari kita jaga suasana kondusif yang sudah ada dengan baik," katanya.
   
Seperti diberitakan sebelumnya, tiga bakal calon Rektor UGM dinyatakan lolos seleksi di tingkat Senat Akademik pada Rabu (5/4). Ketiga calon Rektor yang dinyatakan lolos masuk tiga besar tersebut adalah Panut Mulyono, Ali Agus, dan Erwan Agus Purwanto.

Ketiga calon rektor itu akan mengikuti proses seleksi di tingkat Majelis Wali Amanat pada Senin (17/4).

(B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024