Bupati harap poteni seni budaya dikembangkan optimal

id seni budaya

Bupati harap poteni seni budaya dikembangkan optimal

Salah satu seni budaya di Kabupaten Bantul, DIY (Foto ANTARA/Wahyu Putro)

Bantul (Antara) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Suharsono mengharapkan potensi seni, kebudayaan dan pariwisata di kabupaten ini dikembangkan secara optimal agar berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Kami mengajak semua pihak agar kebudayaan, seni dan pariwisata di Kabupaten Bantul dapat mengembangkan peluang dan potensi daerah secara optimal," katanya di Bantul, Selasa.

Menurut dia, pengembangan potensi seni budaya di tiap daerah Bantul bisa dilakukan dengan menggelar kegiatan kesenian dan gelar potensi budaya seperti yang telah dilakukan di Desa Jatimulto Kecamatan Dlingo pada Senin (17/4).

Menurut dia, kegiatan gelar budaya merupakan salah satu bentuk eksplorasi keragaman dan kearifan budaya lokal yang dimiliki setiap daerah, sehingga Pemkab Bantul merasa bangga atas spirit kebersamaan dan kegotongroyongan warga di Desa Jatimulyo.

"Spirit inilah yang harus terus kita kembangkan di manapun dan sampai kapanpun serta patut dicontoh oleh desa-desa lain di seluruh Kabupaten Bantul," kata Bupati.

Menurut dia, kegiatan seni dan gelar budaya memiliki arti penting dan bermakna strategis dalam upaya menjaga, melestarikan dan sekaligus mewariskan budaya bangsa kita ini kepada generasi penerus agar tidak semakin ditinggalkan.

"Melalui kegiatan itu juga sebagai momentum terbaik pembinaan seni budaya dan sarana hiburan yang dapat menumbuhkan rasa memiliki masyarakat sebagai desa yang memiliki kekayaan nilai budaya dan seni yang Adiluhung," katanya.

Bupati juga mengatakan, gelaran budaya juga dilihat sebagai salah satu bentuk peluang untuk mengembangkan kebudayaan, seni dan pariwisata lokal yang nantinya berdampak positif bagi peningkatan perekonomian daerah.

"Selain itu juga memiliki `multiplier fffect` untuk pengembangan ekonomi kerakyatan," katanya.

(KR-HRI)