PDAM luncurkan inovasi layanan publik berbasis IT

id inovasi layanan PDAM Bantul

Kantor PDAM Bantul, DIY (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul, 25/4 (Antara) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi melalui android guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

"Sistem informasi inovasi pelayanan publik itu diberi nama PDAM Bantul SIAP PRIMA atau Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Pengaduan, Rekening, Informasi lain Melalui Android," kata Direktur PDAM Tirta Dharma Bantul Yudi Indarto di Bantul, Selasa.

Menurut dia, SIAP PRIMA merupakan dua kata yang mencerminkan tekad bulat PDAM Bantul untuk memberikan pelayanan secara prima kepada pelanggan dan seluruh masyarakat Bantul.

"Dalam era digital dan kemajuan teknologi, salah satu upaya manajemen dalam menyehatkan PDAM Bantul adalah terobosan pelayanan publik dengan meningkatkan pelayanan berbasis IT untuk mewujudkan Bantul Smart City yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera," katanya.

Yudi mengatakan, PDAM Bantul SIAP PRIMA ini merupakan inovasi pelayanan publik yang dimaksudkan untuk memudahkan seluruh pelanggan badan usaha milik daerah (BUMD) dalam mengakses semua informasi yang dibutuhkan.

"Informasi itu bisa diakses hanya dengan cara membuka telepon seluler yang berbasis android yang didahului dengan mengunduh aplikasi PDAM Bantul melalui `play store`," katanya.

Ia menjelaskan, dalam aplikasi PDAM Bantul itu pelanggan dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan informasi seperti mengetahui jumlah tagihan rekening air, gangguan aliran air, pemasangan sambungan baru, penyampaian pengaduan dan informasi penting lainnya.

"Aplikasi PDAM Bantul berbasis android ini melengkapi teknologi informasi yang sudah ada di PDAM. Jadi ini inovasi dan pengembangan secara bertahap sesuai kebutuhan perusahaan dalam rangka memberikan kemudahan bagi seluruh pelanggan," katanya.

Beberapa inovasi IT yang ada di PDAM Bantul diantaranya SMART (Sistem Manajemen dan Analisa Rekening Terpadu), APPLE (Aplikasi Penerimaan Pendapatan Lengkap), pelayanan berbasis SMS Center, SICATER (Sistem Informasi Pencatatan Meter) dan SIA (Sistem Informasi Akutansi Terpadu). ***4***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar