Sukarelawan Bupati Bantul gelar aksi cabut dukungan

id relawan Bupati Bantul

Sukarelawan Bupati Bantul gelar aksi cabut dukungan

Relawan Harsono-Halim gelar aksi cabut dukungan (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antara) - Ratusan sukarelawan Harsono-Halim menggelar aksi damai untuk mencabut dukungan terhadap pasangan Suharsono-Abdul Halim Muslih yang kini menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Aksi damai yang dikemas dengan kegiatan gelar budaya dan doa bersama para sukarelawan itu dipimpin oleh Presiden Sukarelawan Harsono-Halim Arif Iskandar di halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul, Jumat.

"Kami para sukarelawan perubahan baik mewakili pribadi maupun kelompok pendukung menyatakan mencabut dukungan yang pernah kami berikan pada Cabup (Calon Bupati) Bantul Suharsono pada saat pilkada pada tahun 2015," kata Arif dalam orasinya.

Menurut dia, pencabutan dukungan para sukarelawan terhadap pasangan Harsono-Halim itu sebagai bentuk keprihatinan atas kinerja bupati dan wakil bupati yang sudah setahun berjalan. Mereka kecewa dengan kinerja yang tidak sesuai dengan janji-janji saat kampanye.

Arif mengaku para sukarelawan dan komponen masyarakat Bantul punya komitmen tinggi bagi kemajuan dan kemakmuran Kabupaten Bantul sehingga perlu mengambil sikap yang jelas dan tegas jika ada kinerja yang tidak sesuai dengan aspirasinya.

"Kami sukarelawan perubahan dan kelompok pendukung menyampaikan terima kasih kepada masyarakat luas yang bersama-sama berjuang memenangkan Harsono-Halim pada pilkada 2015, dan memohon maaf atas pelayanan yang kami berikan," katanya.

Selain mencabut dukungan terhadap pasangan Harsono-Halim, Arif mengatakan bahwa sukarelawan memberikan dan mengembalikan mandat kepada rakyat Bantul untuk bersama-sama mengawasi jalannya pemerintahan.

"Selain itu, juga memantau jalannya pemerintahan Kabupaten Bantul serta menagih janji-janji kampanye yang masih banyak belum terpenuhi," katanya.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Bantul Endro Sulastomo mewakili lembaga legislatif yang menerima aksi damai para sukarelawan Harsono-Halim tersebut mengatakan bahwa pihaknya akan menampung aspirasi masyarakat Bantul dan para sukarelawan yang tergabung dalam sukarelawan perubahan itu.

"Sebagai wakil rakyat, saya akan berpihak kepada rakyat Bantul, tentang materi apa yang disampaikan akan kami kaji dengan teman-teman dewan," katanya.

(KR-HRI)