Pengelola Kebun Teh Nglinggo tidak targetkan pengunjung

id Kebun Teh Ngelinggo

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pengelola objek wisata kebuh teh Nglinggo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak menargetkan jumlah pengunjung pada libur panjang ini, karena kunjungan wisatawan tergantung pada cuaca.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Dewa Lingga Teguh Kumara di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan kondisi cuaca sangat menentukan jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan objek wisata Kebun Teh Nglinggo.

"Kami tidak berani menargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke kebun teh Nglinggo. Saat cuaca cerah, pada Sabtu dan Minggu atau hari libur, jumlah wisatawan berkisar antara 2.000 sampai 3.000 orang per hari," katanya.

Namun, kata dia, saat hujan tidak ada wisatawan, seperti saat libur Paskah belum lama ini, curah hujan sangat tinggi, sehingga jumlah wisatawan sedikit.

Meskipun demikian, lanjut Teguh, pihaknya menyiapkan tempat-tempat yang bagus untuk berfoto bagi pengunjung, baik di kawasan kebun teh maupun kawasan bukit. Pengelola sudah menyiapkan spot-spot foto untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

"Kami tidak bisa memungkiri, spot foto yang bagus akan mempengaruhi jumlah wisatawan yang berkunjung. Kami menangkap peluang itu, sehingga kami secara gotong royong membangun spot-spot foto yang bagus," katanya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga menyediakan paket-paket wisata edukasi bagi wisatawan yang akan berwisata di kebun teh. Wisata edukasi meliputi, pembuatan gula merah, memasak teh dan kopi secara tradisional, hingga belajar menari Lengger.

"Kami siap memberikan pelayanan yang maksimal kepada wisatawan yang berkunjung," katanya.

Salah satu pengunjung Kebun Teh Nglinggo Sugeng mengatakand dirinya sangat menikmati suasana alam kebun teh Nglinggo yang sangat alama, udaranya sangat bersih dan kopi lokal yang diseduh secara tradisional.

"Suasana kebun teh Nglinggo sangat asri, serasa ingin berlama-lama di sini," katanya.

(KR-STR)