Balai Pustaka resmikan Sanggar Sastra Balai Pustaka

id Sanggar Sastra Balai Pustaka

Balai Pustaka resmikan Sanggar Sastra Balai Pustaka

Dirut Balai Pustaka Saiful Bahri (ketiga dari kiri) bersama dengan sejumlah sastrawan Indonesia di acara peresmian Sanggar Sastra Balai Pustaka di Jakarta, Selasa (16/05) (Antara)

Jakarta (Antara) -- Dalam rangka memperingati hari jadi ke 100 tahun pada 2017, Balai Pustaka meresmikan Sanggar Sastra Balai Pustaka. Selain bertujuan untuk melestarikan sastra dan seni Indonesia, sanggar ini didirikan untuk melahirkan bibit-bibit baru sastrawan Indonesia.
    
Begitu minimnya sarana pengembangan bakat sastra di Indonesia menyebabkan terhambatnya pelestarian sastra Indonesia di kalangan generasi muda. Ditambah begitu gencarnya invasi budaya asing yang masuk ke Indonesia membuat anak-anak muda Indonesia semakin tidak mengacuhkan sastra dan budaya Indonesia sendiri.
    
"Balai Pustaka adalah pihak yang paling bertanggung jawab dan terdepan untuk menjaga dan melestarikan sastra Indonesia. Oleh karena itu, dengan hadirnya Sanggar Sastra Balai Pustaka diharapkan tidak hanya dapat membantu melestarikan sastra Indonesia, tapi juga melahirkan sastrawan-sastrawan muda Indonesia," ujar Direktur Utama Balai Pustaka Saiful Bahri di acara peresmian Sanggar Sastra Balai Pustaka di Jakarta, Selasa (16/05).
    
Ditemui di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Mahmud Husein, mengungkapkan apresiasinya terhadap inisiatif Balai Pustaka dalam melestarikan kesusasteraan Indonesia dengan mendirikan Sanggar Sastra Balai Pustaka.
    
"Saya sangat mengapresiasi inisiatif ini dan berharap dengan hadirnya Sanggar Sastra Balai Pustaka akan turut mendukung pembangunan bangsa melalui sastra dan budaya," tutur Mahmud.
    
Sebagai satu-satunya instansi di Indonesia yang bertugas untuk melestarikan kesusasteraan Indonesia, Balai Pustaka terus berinovasi dalam melestarikan dan mengembangkan sastra dan budaya Indonesia.
    
Baru-baru ini Balai Pustaka, bekerjasama dengan Telkom, telah meluncurkan inisiatif 1.000 Digital Learning Corner dalam bentuk e-book koleksi buku Balai Pustaka yang dapat diakses di berbagai titik akses Telkom. Selain itu, Balai Pustaka menargetkan membangun 1.000 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di seluruh Indonesia. (W001)