Youthspark diharapkan ciptakan generasi muda melek teknologi

id microsoft

Youthspark diharapkan ciptakan generasi muda melek teknologi

Ilustrasi (Foto kampusupdate.com)

     Yogyakarta (Antara Jogja) - Program Youthspark diharapkan dapat menciptakan generasi muda melek teknologi dalam rangka merealisasikan Jogja Cyber Province, kata Corporate Affairs Director Microsoft Indonesia Ruben Hattari.
     "Pengembangan Jogja Cyber Province memiliki salah satu fokus yaitu mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui pemanfaatan teknologi untuk mengubah masa depan," katanya di Yogyakarta, Selasa.
     Dalam upaya merealisasikan tujuan itu, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) bekerja sama dengan Microsoft Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Pemerintah DIY mengadakan serangkaian program dan kegiatan selama tahun 2016 hingga 2017.
     "Program dan kegiatan itu untuk memberdayakan anak muda di DIY demi menjadikan mereka sumber daya manusia yang kompetitif di masa depan," katanya.
     Menurut dia, tahun ini Microsoft kembali menggandeng YCAB untuk mempersiapkan anak muda dan para pelaku pendidikan agar mereka mampu mengubah masa depan dengan teknologi. Seluruh kegiatan itu menjadi bagian dari inisiatif global Microsoft, YouthSpark.
     Program dan kegiatan itu diharapkan tidak hanya merangkul generasi muda, tetapi juga pihak sekolah dan guru, salah satunya melalui konsep pendidikan abad ke-21 yaitu E-Rapport.
     "Dengan demikian, seluruh elemen secara bersama-sama mampu membangun fondasi Jogja Cyber Province," katanya.
     Sekretaris Jenderal YCAB M Farhan mengatakan program itu diharapkan bisa memberikan pandangan tentang dunia kerja dan teknopreneur bagi anak muda DIY.
     Antusiasme anak muda di DIY yang begitu tinggi dalam mempelajari hal-hal baru mendorong YCAB untuk terus terlibat dalam penyelenggaraan Youthspark.
     "Kita harus memberdayakan generasi yang mampu membuka berbagai kesempatan baru sekaligus memajukan sebuah kota dengan teknologi. Youthspark tahun ini memasuki tahun kedua di Yogyakarta," katanya.
     Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Rony Primanto mengatakan pemberdayaan masyarakat berbasis teknologi merupakan sebuah fondasi untuk menciptakan ekosistem sumber daya manusia yang pintar.
     "Dengan demikian, saat teknologi sudah semakin maju, masyarakat DIY sudah siap untuk memajukan daerahnya," kata dia.

(B015)

















































































































Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024