Bantul siap pantau harga kebutuhan pokok berkelanjutan

id sembako

Bantul siap pantau harga kebutuhan pokok berkelanjutan

ilustrasi (Foto Antara/Wahyu Putro)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional daerah ini secara berkelanjutan menghadapi Ramadhan hingga jelang Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Kita lakukan pemantauan harga kebutuhan pokok secara berkala dan berkelanjutan dengan berkoordinasi dengan OPD (organisasi perangkat daerah) terkait," kata Sekretaris Dinas Perdagangan Bantul Slamet Santosa di Bantul, Rabu.

Selain untuk mengetahui pergerakan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional, kata dia, pemantauan harga dilakukan sebagai upaya antisipasi atau menekan harga komoditas pangan jika mengalami kenaikan pada bulan Ramadhan.

Menurut dia, OPD terkait yang akan diajak koordinasi dalam pemantauan harga secara berkala dan berkelanjutan itu yaitu instansi yang tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID)

"Bahkan kita juga adakan operasi pasar bersama Bulog (Badan Urusan Logistik) di beberapa pasar dan desa di Bantul serta pemantauan dan pengawasan berkelanjutan," katanya.

Ia menjelaskan, operasi pasar di wilayah Bantul yang dilakukan dalam minggu ini di beberapa desa yaitu Desa Patalan dan Desa Trimulyo Jetis, kemudian Desa Jatimulyo dan Desa Dlingo Kecamatan Dlingo.

"Kemudian di pertengahan Juni nanti juga akan dilakukan operasi pasar di beberapa pasar di Bantul," katanya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan harga kebutuhan pokok di pasar, harga komoditas pangan mayoritas stabil namun ada yang mengalami kenaikan diantaranya bawang putih dari Rp30 ribu pada beberapa pekan lalu menjadi Rp60 ribu per kg pada pekan ini.

"Ada beberapa barang komoditas perdagangan yang mulai ada kenaikan harga. Hal itu biasa terjadi menjelang puasa, hari raya dan tahun baru, namun mudah mudahan masih dalam batas kewajaran," katanya.

KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024