Bazar UKM semarakkan 'car free day' Bantul

id car free day

ganangprakoso.wordpres (ganangprakoso.wordpres)

Bantul (Antara) - Bazar produk usaha kecil menengah akan menyemarakkan acara `car free day` yang digelar Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, di sepanjang jalan protokol daerah itu pada Minggu (21/5).

"Untuk lebih menyemarakkan acara `car free day` di sekitar panggung kehormatan ada beberapa kegiatan diantaranya bazar produk UKM binaan dinas," kata Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul Sapto Priyono di Bantul, Kamis.

Menurut dia, produk-produk UKM binaan Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Bantul yang akan tampil dalam kegiatan itu di antaranya kerajinan batik, gerabah serta aneka kerajinan tangan produk industri rumahan.

Ia mengatakan car free day di sepanjang jalan protokol dari depan Kantor Pos Bantul hingga perempatan Klodran mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB ini merupakan yang pertama di Bantul dan rencana akan diluncurkan Bupati Bantul.

"Ini karena Bantul tidak mau ketinggalan dengan kota-kota lain yang lebih dulu menyelenggarakan `car free day`. Ini sebagai ajang kegiatan dan `refresing` masyarakat dari anak-anak hingga manula, individu hingga berbagai kelompok masyarakat," katanya.

Sapto mengatakan, bahwa dengan semakin banyaknya kesibukan warga masyarakat Bantul baik sebagai pejabat, pengusaha, pedagang, karyawan negari maupun suasta, petani, buruh dan profesi lainnya, waktunya lebih banyak tersita pada profesinya.

"Untuk itu mereka membutuhkan ruang dan waktu untuk melepaskan kepenatan usai bekerja selama seminggu dengan mengunjungi acara car free day," katanya.

Kegiatan car free day ini, kata dia, merupakan ide Bupati Bantul Suharsono yang diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi antara Bupati dengan masyarakat Bantul agar dapat saling mengenal dan bersama-sama melepas kepenatan dari semua kesibukanya.

"Bahkan, selama acara berlangsung Bupati mempersilahkan semua yang hadir untuk menikmati semua jajanan secara gratis yang ada di depan Pasar Bantul, karena Bapak Bupati telah menganggarkan sebesar Rp5 juta," katanya.

Selain bazar produk UKM binaan Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Bantul, car free day akan dimeriahkan senam massal lansia dan arena permainan di sepanjang jalan utama yang bisa dimanfaatkan berlatih sepatu roda dan sebagainya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar