BKIPM Yogyakarta bagikan tiga ton ikan

Pewarta : id Bkipm bagikan ikan

BKIPM Kelas 1 Yogyakarta membagikan tiga ton ikan kepada masyarakat Kabupaten Sleman pada puncak Bukan Bakti Karantina Ikan di Stasiun Karantina Ikan Yogyakarta Jumat 19 Mei 2017 (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman, (Antara Jogja) - Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas 1 Yogyakarta membagikan sebanyak tiga ton ikan laut kepada masyarakat dan lembaga sosial yang ada di Kabupaten Sleman, Jumat.

"Pembagian ikan untuk masyarakat Kabupaten Sleman ini sebagai puncak Bulan Bakti Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu," kata Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan Widodo Sumiarto.

Menurut dia, pembagian ikan laut beku kepada masyarakat ini sebagai daya ungkit bagi masyarakat untuk membudayakan gemar makan ikan.

"Kegiatan ini menindaklanjuti seruan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Piudjiastuti terkait kampanye gemar makan ikan, terutama bagi masyarakat yang selama ini belum merasakan makan ikan baik ikan laut maupun tawar," tuturnya.

"Ikan beku ini dibagikan kepada 30 kelompok, yang terdiri lima kelompok petani ikan dan sisanya lembaga sosial seperti panti asuhan yatim piatu, pondok pesantren dan lainnya," ucapnya.

Widodo mengatakan, masing-masing kelompok mendapatkan antara 30 hingga 50 kilogram ikan beku jenis tongkol dan makarel.

"Sebelum dibagikan ke masyarakat ikan ini telah kami lakukan pengujian, baik kualitas maupun keamanannya. Kami menjamin ikan-ikan yang dibagikan ini berkualitas baik dan aman dikonsumsi," ujarnya.

Ia mengatakan, dalam bulan bakti Karantina Ikan ini pihaknya telah membagikan 15 ton ikan laut beku, yakni 10 ton dibagikan di Pandandaran, Jawa Barat, dua ton di Ciamis dan tiga ton di Sleman, Yogyakarta.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang berkesempatan membagikan secara simbolis bantuan ikan tersebut mengharapkan agar para penerima bantuan ikan beku memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga masyarakat senantiasa gemar makan ikan, karena ikan mempunyai kandungan gizi dan protein yang sangat tinggi.***1***

(V001)
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar