Desa Bejiharjo luncurkan BUMDes Maju Mandiri

id BUMDes, Gua Pindul

Desa Bejiharjo luncurkan BUMDes Maju Mandiri

Sejumlah wisatawan menggunakan pelampung menyusuri Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto Antara/Noveradika) (antara)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan Badan Usaha Milik Desa Maju Mandiri, untuk mamaksimalkan potensi desa.

Kepala Desa Bejiharjo Yanto di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan peresmian atau lonching BUMDes Maju Mandiri ini merupakan salah satu solusi untuk mengelola pariwisata di Desa Bejiharjo.?

Di Desa Bejiharjo ada 11 pokdarwis, yakni Dewa Bejo, Wira Wisata, Panca wisata, Tunas Wisata, Karya Wisata, Mriwis Putih, Gelaran Indah, Soko lima, Ngancar Wisata, Sumber Banyu Moto, Gua Tanding.

Selain itu, pengolahan sampah, pengelolaan pasar, simpan pinjam, penyewaan soudsistem dan LO Pariwisata juga menjadi tupoksi tanggung jawab BUMDes.

"Harapan kami dengan diresmikannya BUMDes ini dapat lebih tertata dengan baik pengelolaan usaha dan pariwisata di Bejiharjo," katanya.

Dia meminta ?dukungan warga supaya BUMDes Maju Mandiri bisa untuk mensejahterakan dan meratakan pendapatan bagi Masyarakat. "Dengan ini semoga lebih dapat mensejahterakan masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan BUMDes ini merupakan kebijakan pemerintah dalam mendorong kesejahteraan dan pemerataan. Hal itu untuk memperoleh hasil untuk mencegah terjadinya permasalahan di Desa Bejiharjo ini.

"Dengan inovatif kreatif memajukan dan suport dana dari Desa Bejiharjo sekitar Rp500 juta. Untuk itu semoga menjadi lebih sejahtera," paparnya.

Lebih lanjut, Badingah mengapresiasi terbentuknya BUMDes Maju Mandiri yang memiliki lima unit kerja untuk berusaha memberikan kesejahteraan, dan berpayung hukum.

Untuk unit pariwisata harus segera koordinasi dengan Dinas Pariwisata, dan OPD terkait dan harus Legowo untuk mendukung BUMDes Maju Mandiri.

"Gua Pindul ini ladang emas bagi warga Bejiharjo karena tidak membuat maka harus kita kelola dengan baik dan ini merupakan berkah, tapi kalau kita tidak bisa bersyukur maka akan terjadi petaka, maka mari kita bersama-sama bersatu dan mendukung program BUMdes Maju Mandiri," pungkas Badingah.

Koordinator Pokdarwis Dewabejo Bagyo mengatakan pihaknya tidak mengetahui pembuatan BUMDes, dan tidak dilibatkan.

"Kami akan menunggu langkahnya seperti apa, kalau pemda saja tidak mampu bagaimana dengan BUMDes," katanya.


(U.KR-STR)