Pemkab Gunung Kidul peroleh opini WTP

id opini WTP

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperoleh predikat opini wajar tanpa pengecualian atas laporan pengelolaan keuangan periode 2016 dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Bupati Gunung Kidul Badingah di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan capaian wajar tanpa pengecualian (WTP) itu akan mendorong akuntabilitas pemerintahan yang lebih baik dan transparan ke depannya.

"Kerja keras semua organisasi perangkat daerah (OPD) selama ini membuahkan hasil. Pada 2016, kami meraih opini WTP dan pada 2017, kami pertahankan capaian WTP ini," kata Badingah.

Dia mengatakan opini WTP ini juga menjadi kado besar hari jadi ke-186 Gunung Kidul.

Selama pemerintahan Gunung Kidul baru dua kali mendapatkan WTP sebelumnya wajar dengan pengecualian (WDP). "Ini yang kedua kalinya," katanya.

Badingah berharap dengan WTP ini akan terus meningkatkan kinerja dan dengan akuntabilitas kinerja yang baik, raihan WTP ini tidak terhenti dua kali.

"Kami akan berusaha sekuat tenaga untuk tahun berikutnya memperoleh WTP," katanya.

Dia menyampaikan terima kasih atas masukan dan koreksi BPK. Menurut dia, pemerintah di daerah tentu bisa menerima dengan legowo atas penilaian itu.

"Penilaian selama ini tentu yang terbaik sesuai kemampuan pemerintah setempat," ujarnya.

Ketua DPRD Gunung Kidul Suharno mengatakan pihaknya mengapresiasi pencapaian WTP oleh Pemkab Gunung Kidul tersebut.

Ke depan, koordinasi yang baik antara eksekutif dan legsilatif yang terjaga dengan baik selama ini harus terus dipertahankan.

"Koordinasi yang baik menjadikan semua proses perencanaan bisa dibahas secara maksimal, sehingga sesuai dnegan koridor aturan," katanya.

(U.KR-STR)