Jumlah kunjungan wisatawan di Gunung Kidul turun

id jumlah kunjungan wisatawan turun

Jumlah kunjungan wisatawan di Gunung Kidul turun

Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul dipadati pengunjung (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Jumlah kunjungan wisatawan memasuki Ramadan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menurun hingga 50 persen dibandingkan kunjungan wisatawan pada bulan sebelumnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan jumlah kunjungan wisatawan pada Mei ini mengalami penurunan 50 persen dibanding hari biasa.

"Jumlah kunjungan wisatawan bulan ini mengalami penurunan sekitar 50 persen dibanding jumlah kunjungan wisatawan pada bulan sebelumnya. Hal ini karena bertepatan dengan ramadhan yang dirasa kurang pas untuk melakukan aktivitas liburan," kata Hary.

Hary menuturkan penurunan jumlah kunjungan wisatawan ini merata di objek wisata. Hal itu seperti yang terjadi di objek wisata Gua Pindul, yang mengalami penurunan, dari ribuan pengunjung, sekarang hanya mencapai 300 pengunjung hingga 500 pengunjung.

"Penurunan ini terjadi rutin setiap tahun pada ramadan. Baru nanti setelah lebaran akan kembali normal bahkan bisa berkali lipat," ujar Harry.

Meski mengalami penurunan, hal tersebut bersifat sementara. Target pendapatan asli daerah (PAD) 2017 sebesar Rp25 miliar optimistis dapat tercapai.

"Kami optimisitis dapat mencapai target tersebut melihat tingginya minat wisatawan berkunjung ke sini pada tahun 2017 ini," kata Hary.

Hal yang sama diutarakan oleh Ketua Pengelola Desa Wisata Bleberan Tri Harjono mengakui jumlah kunjungan wisatawan selama ramadan menurun.

"Jumlah penurunan diperkirakan mencapai angka 40 persen dibanding jumlah kunjungan hari biasa," ujarnya.

(U.KR-STR)