Polres imbau masyarakat waspadai peredaran uang palsu

id uang palsu

Polres imbau masyarakat waspadai peredaran uang palsu

Polres Gunung Kidul, DIY, mengamankan pelaku pengedar uang palsu. (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Kepolisian Resor Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai terhadap peredaran uang palsu menjelang Lebaran 2017.

Kasubag Humas Polres Gunung Kidul Iptu Ngadino di Gunung Kidul, Senin, mengatakan?pentingnya kewaspadaan masyarakat menyangkut peredaran uang palsu.

"Saat ini, jajaran Polres Gunung Kidul menggencarkan kegiatan untuk menghindari terjadinya peredaran uang palsu," kata Ngadino.

Diakui untuk menekan peredaran upal, pihaknya melakukan pemantauan di sejumlah toko dan pusat perbelanjaan yang menjelang lebaran ini mengalami peningkatan pembeli.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada," katanya.

Ngadino mengatakan sejumlah pasar tradisional juga potensial menjadi sasaran peredaran uang palsu di antranya Pasar Argosari Wonosari, Pasar Hewan Siyono Harjo Desa Logandeng Kecamatan Playen, dan Pasar Munggi Kecamatan Semanu serta sejumlah pasar rakyat lain di wilayah hukum Polres Gunung Kidul.

"Pasar rakyat merupakan tempat yang potensial terjadi peredaran uang palsu. Hal ini karena pedagang kecil tidak memahami perbedaan uang asli dan palsu. Untuk itu, kami mengimbau untuk menerawang uang sebelum diterima," imbaunya.

Untuk mengatasai beredaranya uang palsi, lanjut Ngadino,Polres Gunung Kidul berharap pada masyarakat termasuk para pedagang untuk lebih teliti menerima uang setiap pembeli.

"Kalau curiga dengan uang yang diterima, secepatnya melaporkan pada kami," kata Ngadino.

Ia mengatakan kasus terbesar yang berhasil diungkap terjadi di 2016 lalu. Penangkapan dilakukan pada pertengahan Oktober tahun lalu dengan tersangka perwira tinggi kepolisian, dan juga mengungkap dua orang temannya. Dari tangan pelaku, didapati memiliki uang palsu sebanyak Rp71,6 juta.

(U.KR-STR)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar