Yogyakarta siapkan e-Sure pantau penanganan kawasan kumuh -

id kumuh

Yogyakarta siapkan e-Sure pantau penanganan kawasan kumuh -

Kota Yogyakarta (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan sistem informasi "electronic slum upgrading report" untuk memantau perkembangan penanganan kawasan kumuh menuju Yogyakarta bebas kumuh pada 2019.

"Rencananya, pertengahan Juni ini akan kami luncurkan. Masyarakat bisa mengetahui perkembangan penanganan kawasan kumuh secara online melaui `E-SURe`," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, sistem informasi tersebut akan menyatukan berbagai program penanganan kawasan kumuh yang dilakukan lintas instansi sehingga perkembangan penanganan kawasan kumuh dapat dipantau secara menyeluruh.

Saat ini, lanjut dia, penanganan kawasan kumuh masih dilakukan secara sektoral dan belum terpusat sehingga tidak mudah untuk mengetahui perkembangan atau memperoleh data hasil penanganan kawasan kumuh yang sudah dicapai.

"Masing-masing instansi atau organisasi perangkat daerah memiliki program untuk penanganan kawasan kumuh. Melalui, sistem informasi ini, semua data dapat disatukan sehingga perkembangan penanganan kawasan kumuh menjadi mudah dipantau," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penataan Bangunan dan Lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Yunita Rahmi Hapsari mengatakan, sistem informasi tersebut akan memuat data mengenai hasil perkembangan penanganan kawasan kumuh, berita penanganan kawasan kumuh, serta testimoni masyarakat tentang program penaganan kawasan kumuh.

"Testimoni ini akan memberikan dorongan semangat kepada masyarakat lain untuk ikut aktif mengambil peran dalam menangani kawasan kumuh di lingkungannya," katanya.

Ia menambahkan, sistem informasi tersebut juga akan dilengkapi dengan peta tematik yang memuat data mengenai program penanganan kawasan kumuh yang sudah dilakukan. "Nanti akan dapat dilihat dengan mudah masalah yang dihadapi dan jenis program yang dibutuhkan," katanya.

Pemerintah Kota Yogyakarta membentuk Pokja Perumahan dan Kawasan Permukiman sebagai wadah untuk membahas penanganan kawasan kumuh.

Saat ini, luas kawasan kumuh di Kota Yogyakarta mencapai 264,9 hektare yang tersebar di 36 dari total 45 kelurahan yang ada di kota tersebut.

Pada tahun ini, penanganan kawasan kumuh melalui program Kota Tanpa Kumuh menyasar 32 kelurahan. Pemerintah Kota Yogyakarta harus dapat melakukan pengurangan kawasan kumuh seluas 85 hektare per tahun untuk menuju Yogyakarta bebas kawasan kumuh pada 2019.
(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024