TMMD Reguler bangun jalan penghubung desa Bantul

id TMMD

TMMD Reguler bangun jalan penghubung desa Bantul

ilustrasi TMMD (antarafoto.com)

Bantul (Antara) - Tentara Nasional Indonesia Manunggal Masuk Desa Reguler Ke-99 Tahun 2017 akan membangun akses jalan penghubung dua desa di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Komandan Kodim (Dandim) 0729/Bantul Letkol Inf Agus Widianto di Bantul, Senin, mengatakan program TMMD reguler yang dilaksanakan mulai 4 Juli 2017 dengan sasaran fisik pembuatan akses jalan penghubung dua desa, yaitu Desa Kajor dan Nawungan, Kecamatan Imogiri.

"Kedua desa tersebut selama ini sulit mendapat akses jalan karena masing-masing desa dipisah oleh bukit. Oleh karena itu, perlu dibuatkan akses jalan," kata Dandim.

Menurut dia, dengan adanya akses jalan yang akan dibangun melalui program TMMD Reguler Ke-99 itu, maka nanti warga tidak perlu lagi memutar ketika harus pergi ke desa sebelah dan sebaliknya, juga keperluan mengangkut hasil panen.

"Karena jarak yang kami buka aksesnya cukup jauh kurang lebih dua kilometer (km), maka sebelum dilakukan pembukaan, kami sudah melaksanakan Pra-TMMD," kata Dandim.

Selain akses jalan, TMMD reguler juga membangun corblok jalan serta renovasi rumah tidak layak huni. Sementara sasaran nonfisik meliputi penyuluhan narkoba, pemberian pemahaman tentang bela negara dan wawasan kebangsaan.

Dandim menjelaskan, program bakti sosial kemasyarakatan TMMD Reguler Ke-99 Tahun 2017 berbeda dengan TMMD Sengkuyung, karena kegiatan ini melibatkan para personel TNI dari semua kesatuan baik Angkatan Darat, Angkatan Laut maupun Angkatan Udara yang ditunjang unsur pemda serta Kodam IV Diponegoro.

"TMMD reguler itu cakupannya lebih luas dan lebih tinggi serta berskala Mabes TNI, serta akan melibatkan seluruh kesatuan TNI ditambah unsur dari Polri," katanya.

Dandim mengatakan, tema dari TMMD reguler itu adalah "Dengan semangat Kemanunggalan TNI, Polri, Pemda, dan seluruh komponen bangsa lainnya, kita laksanakan percepatan pembangunan melalui Progam TMMD guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perdesaan," katanya.

(KR-HRI)