BPJS Kesehatan Yogyakarta permudah layanan selama lebaran

id BPJS kesehatan

BPJS Kesehatan Yogyakarta permudah layanan selama lebaran

Ilustrasi (Foto www.bpjs.info) (www.bpjs.info)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Yogyakarta menerapkan kebijakan khusus yang mempermudah proses pelayanan bagi masyarakat dan pemudik peserta JKN-KIS selama perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Peserta JKN-KIS selama mudik Lebaran dijamin memperoleh pelayanan dengan prosedur yang lebih mudah dan sederhana," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Sri Mugirahayu di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta, Kamis.

Sri mengatakan kemudahan yang diberikan di antaranya bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Kebijakan tersebut akan dimulai pada 19 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017.

"Pemudik peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun nondarurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit yang sudah kami tunjuk," kata dia.

Dengan demikian, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik atau telah sampai ke tujuan tinggalnya tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

Sri mengatakan untuk mendukung kemudahan itu, BPJS Cabang Yogyakarta telah menunjuk 11 rumah sakit atau fasilitas kesehatan tingkat lanjutan (FKTL) yang akan memberikan pelayanan non emergency yaitu RS Bethesda Yogyakarta, RS Ludira Husada Tama Yogyakarta.

Selain itu juga di RS Pratama Yogyakarta, RS PKU Muhammadiyah Bantul, RS Nur Hidayah Bantul, RS Rachma Husada Bantul, RSUD Wonosari, RS Nur Rohmah Gunung Kidul, RS Panti Rahayu Gunung Kidul, RS PKU MUhammadiyah Wonosari, serta RS Pelita HUsada Gunung Kidul.

Pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) pihaknya juga menunjuk enam puskesmas/klinik di Kota Yogyakarta, 26 puskesmas/klinik di Bantul, dan 19 puskesmas/klinik di Gunung Kidul.

Meski demikian, Sri mengatakan bahwa kemudahan pelayanan itu hanya berlaku bagi peserta KJN-KIS dengan status kepesertaan aktif.

Untuk memastikannya, ia meminta peserta mengecek melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada menu cek iuran. "Mohon agar peserta memastikan tekah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif," kata dia.

Selain itu, lanjut Sri, BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta bersama Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta juga akan membuka Posko Mudik di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Posko Mudik BPJS yang dibuka mulai 21-24 Juni 2017 tersebut akan menyediakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, faslitas relaksasi, hingga sosialisasi jaminan kesehatan kepada para pemudik.

"Pendaftaran kepesertaan juga bisa kami layani di posko itu," kata dia.

Selama libur Lebaran 2017, masyarakat tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, konsultasi kesehatan, hingga mengetahui denda pelajaynan.

"Meski di Kantor Cabang BPJS ada petugas yang piket, namun selama libur Lebaran kami persialakan cukup menghubungi care canter saja," kata dia.





(T.L007)