Sampah TPAS Wukirsari meningkat 10 meter kubik/hari

id volume sampah

Sampah TPAS Wukirsari meningkat 10 meter kubik/hari

Petugas sedang mengumpulkan sampah di kawasan simpang empat depan Gedung Agung, Kota Yogyakarta (Foto jogja.antaranews.com) (jogja.antaranews.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sementara Wukirsari Desa Baleharjo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meningkat 10 meter kubik per hari karena meningkatnya konsumsi makanan warga selama bulan puasa.

Petugas pendataan sampah di TPAS Wukirsari, Baleharjo, Wonosari Rusdiyanto di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan pada hari biasa sampah yang datang ke TPAS sekitar 130 meter kubik, dan saat ramadhan 140 meter kubik.

"Volume sampag di TPAS Wukirsari terjadi peningkatan 10 meter kubik. Hal ini biasa terjadi karena selama bulan puasa aktivitas masyarakat meningkat," katanya.

Dia mengatakan sampah dipastikan kembali terjadi mendekati lebaran bisa mencapai 50 persen per hari. Kemudian 3 hari sebelum (H-3) lebaran, akan terjadi peningkatan hingga 70 persen.

"Voleme akan meningkat saat pemudik sudah mulai berdatangan," katanya.

Rusdiyanto mengatakan dengan kondisi terus meningkat ini pihaknya tidak akan libur selama lebaran.

"Kami nyaris tidak bisa libur. Paling usai salat Idul Fitri, siangnya kembali bekerja di TPAS," katanya.

Dia mengatakan tumpukan sampah sekarang bergeser kearah selatan atau menjauh kurang lebih 50 meter dari tempat awal dalam satu kawasan TPAS.

"Kalau saya dengar lahan baru sudah disediakan untuk mengantisipasi di sini penuh tetapi belum tahu. Saat ini kapasitas TPAS masih mencukupi," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar