BPJS membuka Posko Kesehatan di Stasiun Tugu

id Bpjs kesehatan

BPJS membuka Posko Kesehatan di Stasiun Tugu

Stasiun Tugu Yogyakarta (Foto Antara)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan membuka Posko Mudik BPJS Kesehatan di Stasiun Tugu Yogyakarta untuk membantu para pemudik Lebaran 2017 yang membutuhkan layanan kesehatan.

Kepala Divisi Regional VI BPJS Kesehatan Aris Jatmiko saat pembukaan Posko Mudik BPJS Kesehatan di Tugu Yogyakarta, Rabu, mengatakan palayanan Posko Mudik BPJS Kesehatan digelar serentak bersama-sama dengan posko di delapan titik padat pemudik lainnya di Indonesia mulai 21 Juni hingga 24 Juni 2017.

"Seluruh pelayanan dan fasilitas Posko Mudik BPJS Kesehatan bisa diperoleh secara gratis untuk semua pemudik bukan hanya peserta JKN-KIS saja," kata Aris.

Menurut Aris, sejumlah layanan kesehatan gratis yang bisa didapat melalui Posko Mudik BPJS Kesehatan tahun ini meliputi konsultasi atau pengecekan kesehatan oleh dokter dan paramedis, ambulans, fasilitas relaksasi atau istirahat.

"Termasuk kebutuhan obat-obatan, pemeriksaan kesehatan sederhana atau yang bersifat darurat, serta memberikan rujukan bila sangat diperlukan," kata dia.

Ia mengatakan dalam Posko Mudik BPJS Kesehatan yang akan beroperasi 24 jam tersebut, akan ditempatkan tiga tim yang akan bertugas secara bergantian. Masing-masing tim terdiri atas satu petugas BPJS Kesehatan, satu dokter, dan dua paramedis yang berasal dari puskesmas atau fasilitas kesehatan lain mitra BPJS Kesehatan.

"Sejumlah ambulans juga sudah kami sediakan untuk berjaga-jaga apabila ada pemudik yang mengalami kondisi darurat dan harus segera dilarikan di rumah sakit," kata dia.

Menurut Aris, penyediaan Posko BPJS Kesehatan tersebut tidak menutup kemungkinan akan dilanjutkan hingga momen arus balik, namun demikian pihaknya masih menunggu instruksi dari BPJS pusat.

Selain membuka Posko Mudik, BPJS Kesehatan juga menjamin para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran pada tahun ini memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih mudah dan ringkas, yakni peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

"Oleh karena itu, para peserta JKN-KIS yang sedang mudik pun diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan Kartu Jamkesmas)," kata dia.

Kepala Stasiun Tugu Yogyakarta Nurul Aris Diyanto mengatakan sangat menyambut baik kegiatan ini karena memang diperlukan oleh para pemudik yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di Stasiun Tugu.

"Menurut saya layanan ini sangat membantu masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan secara maksimal di Stasiun Tugu," kata dia.***4***

(L007)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024