Pemkot tidak ditemukan daging gelonggongan di Beringharjo

id tidak ada daging glongongan di beringharjo

Pemkot tidak ditemukan daging gelonggongan di Beringharjo

Ilustrasi pedagang daging sapi, dok (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc/17.)

Yogyakarta (Antara) - Pemerintah Kota Yogyakarta memastikan kualitas daging sapi yang beredar di pasar tradisional khususnya di Pasar Beringharjo dalam kondisi baik dan tidak ditemukan daging gelonggongan di pasar tersebut.

"Nihil, tidak ditemukan daging gelonggongan atau daging `oplosan` yang dijual di pasar. Daging yang dijual ASUH, aman sehat utuh dan halal," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti usai memimpin inspeksi mendadak distribusi daging di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Jumat.

Dengan demikian, Haryadi berharap masyarakat tidak perlu khawatir saat membeli daging sapi di pasar tradisional karena kualitas daging yang dijual dalam kondisi baik.

Pada inspeksi mendadak (sidak) tersebut, dilakukan pengujian kualitas daging sapi dan produk lainnya seperti hati dan kulit sapi dengan uji kadar air, keasaman, kesehatan hati sapi dan kandungan bahan tambahan berbahaya lainnya.

"Kami juga tidak menemukan daging yang mengadung cacing hati atau penyakit lainnya," katanya yang memutuskan melakukan inspeksi mendadak di Beringharjo karena pasokan terbesar daging ada di pasar tersebut.

Selain daging sapi, pantauan distribusi bahan kebutuhan pokok di Pasar Beringhajo tersebut juga dilakukan untuk memastikan kualitas produk ternak lain seperti ayam potong hingga telur.

"Kualitas ayam potong dan produk ternak lain juga bagus. Tidak ditemukan ayam "tiren" atau ayam bangkai yang dijual," katanya.

Meskipun kualitas daging yang dijual dalam kondisi yang baik, ia mengingatkan agar masyarakat tetap jeli dan cermat saat membeli produk daging atau bahan kebutuhan pokok lainnya dan tidak tergiur dengan harga yang murah.

"Tetap hati-hati saat membeli agar tidak membeli daging gelonggongan, ayam bangkai atau makanan yang sudah kedaluwarsa. Pedagang pun demikian, jangan menjual bahan makanan yang tidak berkualitas hanya untuk memperoleh keuntungan yang banyak," katanya.

Ia juga mengingatkan konsumen agar membeli sesuai kebutuhan, tidak perlu membeli secara berlebihan agar harga di pasar tradisional tetap stabil.

Saat ini, harga daging sapi di Pasar Beringharjo cukup stabil yaitu berkisar antara Rp110.000 per kilogram hingga Rp120.000 per kilogram dan diperkirakan jumlah daging sapi yang didistribusikan menjelang Lebaran 2017 mengalami kenaikan hingga 100 persen. ***3***(E013)

Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024