Lebaran 2017 - Arus wisatawan di Mangunan meningkat 50 persen

id hutan pinus mangunan

Ilustrasi, Puncak Kebun Buah Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperkirakan volume kendaraan wisatawan yang menuju Objek Wisata Mangunan Dlingo pada libur Idul Fitri 1438 Hijriah meningkat 50 persen dibandingkan Lebaran 2016.

"Kalau arus wisatawan ke arah Mangunan banyak sekali peningkatannya, bisa mencapai 50 persen peningkatannya dibanding saat Lebaran kemarin (2016)," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Aris Suharyanto di Bantul, Rabu.

Menurut dia, peningkatan volume kendaraan wisatawan ke objek wisata Mangunan itu karena pemudik maupun wisatawan dari luar daerah yang tertarik mengunjungi destinasi wisata yang kini sedang nge-hits karena promosi melalui media sosial itu.

Ia mengatakan, karena mengalami lonjakan volume kendaraan menuju objek wisata Mangunan maka selama libur Lebaran dilaporkan terjadi kemacetan di akses menuju kawasan wisata, hingga membuat petugas kuwalahan mengatur.

"Pantauan kemacetan ada di Mangunan dan Imogiri (kawasan yang dilalui arus wisatawan ke Mangunan). Di Imogiri terjadi kemacetan karena kondisi jalan yang seperti itu dan kita tidak mungkin kita lebarkan juga," katanya.

Aris mengatakan, sedangkan kondisi kemacetan arus kendaraan wisatawan di Mangunan atau kawasan wisata karena fasilitas parkir kendaraan yang disediakan pengelola wisata tidak mampu menampung semua kendaraan pengunjung objek.

"Karena fasilitas parkir tidak memenuhi, sehingga banyak yang mutar tidak jadi berhenti, itu banyak. Kita sarankan untuk segera tetap bergerak, jangan sampai berhenti terlalu lama, agar kemacetan tidak makin parah," katanya.

Aris mengatakan, sedangkan kondisi arus lalu lintas di ruas lain seperti Jalan Parangtritis juga dilaporkan terjadi kepadatan bahkan di depan pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parangtritis terjadi antrean kendaraan karena hendak membayar retribusi.

Namun demikian, menurut dia, kepadatan atau antrean panjang masih bisa diatasi petugas perhubungan maupun polisi lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan melalui sempalan Pundong atau sebelah utara jembatan Kretek.

"Selama masa libur Lebaran ini personel yang diterjunkan untuk melakukan pengamanan sebanyak 123 anggota yang tersebar di beberapa lokasi baik di jalur jalur wisata maupun jalur mudik," katanya.***1***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar