Kemenpora dorong penumbuhan minat wirausaha pemuda

id wirausaha muda

Kemenpora dorong penumbuhan minat wirausaha pemuda

Perajin perak (Foto antaranews.com)

Bantul, 19/7 (Antara) - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menggelar seminar kewirausahaan untuk mendorong penumbuhan minat wirausaha bagi kalangan pemuda di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Kegiatan ini untuk mensosialisasikan konsep kewirausahaan pemuda dalam rangka mengubah pola pikir pemuda terdidik dari mencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Joni Mardizal di sela seminar di Bantul, Rabu.

Seminar kewirausahaan di Balai Desa Gilangharjo Kecamatan Pandak tersebut diikuti peserta sekitar 500 pemuda berusia 16 sampai 30 tahun yang berasal dari unsur mahasiswa, organisasi kepemudaan, karang taruna dan unsur lainnya.

Seminar penumbuhan minat wirausaha muda di kalangan pemuda itu mengambil tema "One Youth One Product" dan kegiatannya meliputi workshop dan diskusi panel dengan narasumber yang kompeten di bidang kewirausahaan.

"Melalui tema ini diharapkan tumbuh wirausaha muda yang dapat menghasilkan produk-produk baru yang inovatif dan dapat meningkatkan taraf kehidupan pemuda secara khusus serta masyarakat secara luas," katanya.

Dengan demikian, dari seluruh peserta seminar kewirausahaan yang berjumlah 500 pemuda ini harapannya bisa melahirkan 500 macam produk atau usaha baru yang tidak meniru produk yang telah dihasilkan sebelumnya.

"Jadi peserta didampingi moderator yang juga berperan sebagai fasilitator dalam penyampaian dan pemahaman materi khususnya tentang bagaimana strategi memulai berwirausaha bagi pemula dan cara menyusun rencana bisnis yang baik," katanya.

Menurut dia, tujuan dari seminar kewirausahaan ini adalah menumbuhkembangkan jiwa dan minat berwirausaha di kalangan generasi muda dan memfasilitasi pemuda untuk menyusun rencana bisnis secara bertahap.

"Serta meningkatkan jumlah pemuda terdidik untuk mengikuti kegiatan kewirausahaan," kata Joni.

Sementara itu, hasil yang didapatkan dari kegiatan itu adalah meningkatkan jumlah peserta yang tertarik berwirausaha, tersosialisasikannya program Kemenpora dalam pengembangan kewirausahaan pemuda.

"Serta meningkatnya jumlah peserta yang memiliki kemampuan menyusun rencana usaha dan bisnisnya, kemudian meningkatkan kapasitas dan kualitas wirausaha muda pemula," katanya. ***4***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024