Warga Gunung Kidul adakan bersih sungai

id bersih sungai

Gunung Kidul (Antara Joja) - Warga Dusun Ngipak, Desa Ngipak, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan merti atau bersih sungai untuk menjaga kelestarian sumber mata air.

Kepala Dusun Ngipak, Desa Ngipak Edi Purwanto di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan kegiatan ini merupakan rangkain acara bersih dusun yang dilaksanakan setahun sekali.

Acara ini diharapkan bisa menjaga sumber mata air yang ada, sehingga bisa terus dimanfaatkan masyarakat sekitar sampai saat ini. Sehingga bisa memperoleh panen yang berlimpah.

"Bersih sungai sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat karena sudah diberikan rejeki dan barokah," katanya.

Ia mengatakan bersih sungai diawalk menyedot air, warga lalu membersihkan lumut dan rerumputan di sekitar sumber air. Bersih sungai dilaksanakan warga dengan membersihkan lingkungan sumber air dan sungai.?

Masyarakat berbondong-bondong ke sumber air dan sungai menggelar kenduri. Bersamaan dilaksanakan penanaman tanaman gayam. Yang memiliki fungsi untuk menjaga pelestarian sumber daya air. Jenis pohon gayam memang dikenal warga sebagai salah satu pohon yang efektif untuk menyimpan dan mendekatkan air ke permukaan tanah.

"Untuk menjaga pelestarian sumber air. Potensi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena banyak dipergunakan untuk ?berbagai kebutuhan," katanya.

Edi mengatakan warga memanfaatkan sumber air untuk pengairan lahan pertanian. Bahkan sumber yang cukup melimpah ini membuat ketersediaan masyarakat tercukupi, meskipun pada musim kemarau.

Salah seorang warga, Yohanes Krisnawan mengatakan sumber mata air disana pada musim kemarau, tidak ada warga yang sampai kesulitan air bersih.

"Sumur yang dimiliki warga masih tersedia air dan juga terdapat jalur pipa PDAM," katanya.

(U.KR-STR)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar