DPRD minta kepala sekolah apresiasi atlet Porda

id DPRD

DPRD minta kepala sekolah apresiasi atlet Porda

DPRD (Foto Istimewa)

Bantul (Antara) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta kepala sekolah di daerah itu memberikan apresiasi atlet Pekan Olahraga Daerah XIV DIY 2017 yang belum lama selesai digelar.

Anggota DPRD Bantul Setiya di Bantul, Minggu, mengatakan, perhelatan Porda XIV DIY Tahun 2017 yang dipusatkan di Bantul sudah berakhir, meskipun kabupaten itu tidak menjadi juara umum, namun kontingennya telah mempersembahkan hasil terbaik.

"Pasti ada perasaan kecewa karena tidak juara umum, namun saya harap semua pihak memberikan apresiasi kepada para atlet, khusus atlet Porda dari kalangan pelajar, saya minta kepala sekolah dan guru bisa memberikan ucapan selamat pada siswanya," katanya.

Menurut dia, kontingen Bantul dalam yang menduduki peringkat dua pada Porda 2017 memang perlu menjadi bahan evaluasi tersendiri bagi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan juga Komite Nasional Indonesia (KONI) Bantul.

"Saya melihat beberapa persiapan kontingen Bantul masih kurang maksimal, namun tetap perlu diapresiasi, hal itu penting karena untuk memberikan apresiasi kepada mereka yang telah bekerja dan berjuang keras untuk membawa nama baik Bantul," katanya.

Ia mengatakan, dengan memberikan apresiasi kepada para atlet sehingga harapannya mereka akan terus melakukan olahraga dan memasyarakatkan olahraga untuk kemudian bisa membudayakan olahraga utk mewujudkan Bantul sehat.

"Kemudian memberikan pembelajaran pada pelajar bahwa banyak aktifitas positif yang bisa mereka lakukan, sehingga terhindar dari hal-hal negatif seperti `klithih` (kenakalan di jalanan) dan kenakalan remaja lainnya," katanya.

Anggota DPRD Bantul yang juga Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bantul ini mengatakan sudah mencoba menghubungi kepala sekolah di mana atlet panjat tebing berasal dari sekolah tersebut.

"Kebiasaan memberikan apresiasi positif ini perlu dibudayakan,untuk menciptakan semangat berkompetisi," kata politisi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) ini.

Hasil akhir penyelenggaraan Porda 2017 pada 29 Juli sampai 5 Agustus 2017, kontingen Sleman raih juara umum dengan perolehan medali 140 emas, 139 perak dan 129 perunggu, juara kedua diraih kontingen dari Bantul dengan perolehan medali 135 emas, 112 perak dan 152 perunggu.

Sedangkan peringkat tiga diduduki kontingen Yogyakarta dengan 100 emas 112 perak dan 116 perunggu, kontingan Kulon Progo peringkat empat dengan perolehan 32 emas, 27 perak dan 73 perunggu. Sementara Gunung Kidul posisi paling akhir dengan perolehan 23 emas, 40 perak dan 76 perunggu.

(KR-HRI)