Bupati harapkan bantuan Alsintan tingkatkan produksi pertanian

id Bupati bantul

Bupati harapkan bantuan Alsintan tingkatkan produksi pertanian

Bupati Bantul, Suharsono (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul, (Antara Jogja) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Suharsono mengharapkan bantuan alat mesin pertanian kepada kelompok tani daerah ini dapat mendorong peningkatan produksi pertanian pangan di kabupaten setempat.

"Bantuan ini akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi Pemkab Bantul dan petani untuk meningkatkan produksi di bidang pertanian," kata Bupati saat menghadiri penyerahan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) oleh anggota DPR RI di Bantul, Selasa.

Menurut dia, beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang kebutuhannya makin meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk, sehingga dari sisi ketahanan pangan nasional fungsinya menjadi sangat penting dan strategis.

Ia mengatakan, pada 2017 Kabupaten Bantul mentargetkan untuk dapat mencapai produksi gabah yang ditetapkan dinas terkait, dan untuk mewujudkan swasembada pangan di Bantul telah diakukan berbagai upaya melalui berbagai kegiatan.

"Seperti penggembangan, rehabilitasi jaringan irigasi, penyediaan bantuan benih, penyediaan bantuan pupuk serta pengawalan atau pendampingan. Untuk percepatan olah tanah dan tanam tentunya diperlukan dukungan alat dan mesin pertanian," katanya.

Oleh sebab itu, Bupati berharap bantuan peralatan mesin pertanian dapat dirawat dengan baik, digunakan sesuai pedoman yang ada, sehingga mesin-mesin tersebut akan dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR RI Siti Hediati Hariyadi mengatakan terus berupaya meningkatkan swasembada pangan, khususnya swasembada beras, jagung dan kedelai dalam rangka untuk mencapai ketahanan pangan program nasional.

"DPR terus mendukung Kementerian Pertanian untuk memprioritaskan pelaksanaan program-program yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani, sekaligus dapat mewujudkan kedaulatan pangan," katanya.

Salah satu program prioritas Kementerian Pertanian, menurut dia, adalah pemberian bantuan alsintan dan menjadi prioritas karena prasarana pertanian memegang peranan penting dalam mendukung pembangunan pertanian secara keseluruhan.

"Banyak manfaat diperoleh dari alsintan, seperti mempercepat proses penyiapan lahan, mengurangi risiko gagal panen. Selain itu juga untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja sektor pertanian yang jumlahnya makin menyusut," katanya.***3***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024