Pemkab Gunung Kidul tata kawasan Pantai Baron

id Pantai Baron

Pemkab Gunung Kidul tata kawasan Pantai Baron

Pedagang ikan laut di Tempat Pelalangan Ikan Pantai Baron, Kabupaten Gunung Kidul, kebanjiran permintaan ikan segar. (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan melakukan penataan pantai selatan yang menyasar tiga pantai, yakni Pantai Baron, Pantai Kukup, dan Pantai Krakal.

Sekretaris Daerah Gunung Kidul Drajat Ruswandono di Gunung Kidul, Senin, mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti perintah gubernur DIY untuk segera melakukan penataan kawasan sepadan pantai.

"Kami akan membersihkan seluruh bangunan berjarak 200 meter sempadan pantai di tiga pantai," kata Drajat.

Ia mengatakan nantinya akan dilihat dimana mulai dari jalan masuk menuju pantai, tempat kuliner, lokasi suvenir, intastalasi pengolahan limbah, tempat ibadah dan juga tempat parkir.

"Nanti pedagang akan diberikan lokasi yang aman. Pantai seluruhnya dapat dipergunakan untuk aktivitas wisata," katanya.

Drajat mengatakan 2017 ini, pihaknya melakukan redesain rencana induk yang digunakan untuk menata pantai.

"Anggaran akan didukung dari Pemda DIY, yang akan digunakan untuk penataan pada 2018 mendatang," katanya.

Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan kawasan pantai saat ini kurang tertata, banyak bangunan yang menghalangi pemandangan wisatawan.

"Kami sudah perintahkan ke Sekda untuk dapat koordinasi untuk segera melakukan upaya penataan. Kami sendiri menginginkan penataan kawasan pantai," katanya.

Ia berharap dengan penataan pantai ini diharapkan bisa didukung semua pihak. Kalau kawasan pantai semakin baik, pengunjung semakin banyak, bisa meningkatkan perekonomian.

"Pengunjung ramai bisa meningkatkan perekonomian," katanya.

(U.KR-STR)