Pemkab menindaklanjuti upaya Menhub revitalisasi Lanud Gading

id revitalisasi Lanud Gading

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menindaklanjuti upaya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait revitalisasi Lapangan Udara Gading, Playen.

"Semoga benar-benar bisa dilaksanakan pembangunannya (bandara perintis)," kata Bupati Gunung Kidul Badingah di Gunung Kidul, Senin.

Dia mengatakan dirinya akan menunggu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk dipertemukan dengan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). "Dalam waktu dekat akan dipertemukan dengan KSAU," ucapnya.

Menurut dia, pertemuan ini penting karena bandara ini menjadi tanggung jawab Angkatan Udara. Badingah menyampaikan dengan adanya pembangunan tersebut diharapkan bisa membuka kunjungan pariwisata berasal dari mancanegara.

"Mungkin awalnya untuk seminggu berapa kali, nanti jika ramai bisa setiap hari ada penerbangan," ucapnya.

Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi mengatakan hal serupa, pemkab menyambut baik rencana pembangunan Lanud Gading menjadi perintis. Bahkan pemerintah daerah siap mendukung kebijakan tersebut.

"Kalau wisatawan mancanegara mudah mengakses,?akan mendongkrak kunjungan wisatawan," kata Immawan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono mengatakan terwujud Lanud Gading sebagai bandar perintis, selain akan memajukan pertumbuhan pariwisata di Gunung Kidul, bisa memunculkan wisata baru. Salah satunya wisata dirgantara, di mana wisatawan bisa menikmati ?keindahan wilayah Gunung Kidul.?

"Potensi bentangan karst yang cukup panjang bisa memunculkan potensi wisata dirgantara," katanya.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan meminta izin ke KSAU untuk menjadikan Lanud Gading, Playen untuk lapangan terbang perintis. Kalau diizinkan, maka 2018 akan dibangun dan selesai 2019 mendatang.

(U.KR-STR)