Sultan lantik Gatot Saptadi sebagai Sekda DIY

id Sultan lantik Gatot Saptadi sebagai Sekda DIY

Sultan lantik Gatot Saptadi sebagai Sekda DIY

Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Istimewa) (istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X melantik Gatot Saptadi sebagai Sekretaris Daerah DIY di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Selasa.

Gatot Saptadi resmi menduduki jabatan Sekda DIY menggantikan Sekda DIY sebelumnya Ichsanuri yang telah pensiun. Sebelum Ichsanuri, ada dua Pelaksana Tugas Sekda DIY yang ditunjuk Sultan, yakni Rani Sjamsinarsi dan Sulistyo.

"Seorang sekda sudah melewati penelitian rekam jejak berdasarkan banyak faktor, salah satunya mengenai kemampuan persuasif agar proses internalisasi gagasan benar-banar dapat dilaksanakan di lapangan," kata Sultan dalam sambutannya.

Sebelum resmi diangkat sebagai Sekda DIY, Gatot menduduki jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DIY serta Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY.

Menurut Sultan, sekda memiliki peran sentral di lingkup Pemda DIY. Sekda akan memimpin Sekretariat Daerah DIY serta wajib membantu Gubernur DIY dalam menyusun kebijakan serta membina hubungan kerja dengan aparatur di tingkat bawahnya.

"Sekda harus hadir sebagai `ice breaker` dalam perjumpaan tripilar DIY, yakni kebudayaan, pendidikan, dan pariwisata," kata dia.

Secara khusus, Sultan berharap Sekda DIY mampu mencermati secara mendalam pengelolaan Malioboro sebagai kawasan wisata yang ramah pedestrian.

"Kawasan itu membutuhkan perhatian khusus sebagai ikon utama Jogja Istimewa yang secara visual langsung memberikan kesan di mata pendatang," kata Sultan.

Sebagai Sekda DIY yang baru, Sultan juga berharap Gatot mampu membantu mengimplementasikan nilai keistimewaan DIY, mengurai secara jelas arah "renaissance Yogyakarta" atau yang dikenal dengan "Jogja Gumregah", serta melengkapi budaya among tani dengan dagang layar.

"Serta membangun peradaban baru DIY yang dinamis, maju, dan penuh toleransi," kata Sultan.

Sementara itu, Gatot Saptadi mengatakan sebagai sekda yang baru dirinya siap menjalankan tugas sebagai administrator sekaligus dinamisator untuk membantu gubernur mencapai Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) DIY yang difokuskan pada kebudayaan, pariwisata, dan pendidikan.

"Seluruh SKPD, masyarakat, serta dunia usaha akan kita rangkul untuk mewujudkan tujuan itu," kata Gatot.



(T.L007)