Mina Langgeng Mulya panen minapadi kolam dalam

id Minapadi

Mina Langgeng Mulya panen minapadi kolam dalam

Budidaya minapadi, ilustrasi (antaratv.com)

Sleman (Antara) - Kelompok Pembudi Daya Ikan Mina Langgeng Mulyo melakukan panen minapadi kolam dalam di lokasi Demfarm Minapadi Jetis Kaliurang, Sumberagung, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa.

Panen raya tersebut disaksikan Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, Plt Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Sleman Suyamsih, Kepala Dinas Pertanian DIY, dan Muspika Kecamatan Moyudan.

Ketua Kelompok Pembudi Daya Ikan (KPI) Mina Langgeng Mulyo Agus Junaedi mengatakan, panen yang dihasilkan berdasarkan ubinan yang dilakukan pada 31 Agustus 2017 ukuran 2,5x2,5 meter persegi varietas padi Inpari 24 (beras merah) menghasilkan 3,5 kilogram.

"Dengan asumsi produksi gabah kering pungut yaitu 5,7 ton per hektare. Produksi padi sebelum mina padi hanya menghasilkan empat kuintal saja," katanya.

Ia mengatakan, untuk panen ikan berdasarkan hasil sampling ikan yaitu ukuran benih awal 20 gram per ekor per kilogran isi 50-60 ekor setelah dilakukan pemeliharaan selama dua bulan 21 hari ukurannya menjadi rata-rata satu kilogram isi enam ekor (1,6 0ns per ekor).

"Sistem minapadi yang diterapkan selain meningkatkan hasil panen juga memberikan beberapa keuntungan karena tidak perlu menggunakan pupuk pabrik, tidak perlu penyiangan, serta mencegah hama tikus," katanya.

Namun, kata dia, masih ada kendala yang dihadapi dalam minapadi, antara lain yaitu adanya serangan hama regul (hewan pemangsa ikan) dan kematian ikan saat aliran air dari selokan dimatikan pada 7-9 Agustus 2017.

Plt Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman Suyamsih mengatakan saat ini di Sleman terdapat 104 hektare area pengembangan minapadi yang tersebar di 17 kecamatan.

"Minapadi di Sleman melibatkan kurang lebih 6.500 pelaku. Sedangkan untuk pengembangan minapadi di area Sleman barat pada tahun ini dilakukan di tiga tempat yaitu KPI Mina Langgeng Mulyo di Sumberagung Moyudan, KPI Mina Makmur di Sendangrejo Minggir, dan KPI Mina Jaya di Sendangrejo Minggir," katanya.

Ia mengatakan, dengan adanya minapadi ini diharapkan dapat meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Sleman.

"Perlu pemahaman dan promosi lebih lanjut karena konsumsi ikan sangat penting untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak," katanya.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa meskipun luas Kabupaten Sleman hanya 18 persen dari total kesluruhan wilayah DIY, namun Sleman menyokong 40 persen kebutuhan pangan di DIY.

"Kami mengapresiasi hasil panen yang dilakukan KPI Mina Langgeng Mulyo yang telah mampu menghasilkan panen padi 12 kali lipat dari panen sebelumnya. Ini merupakan kerja cerdas dari para petani bersama dinas terkait. Inovasi-inovasi seperti ini agar terus dipertahankan dan dikembangkan agar produk pertanian Sleman dapat terus maju," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024