DLH dorong pengelolaan sampah mandiri di masyarakat

id sampah

DLH dorong pengelolaan sampah mandiri di masyarakat

ilustrasi (Foto ANTARA)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus mendorong masyarakat untuk mampu mengelola sampah rumah tangga secara mandiri.

"Kami terus menggencarkan sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga secara mandiri kepada masyarakat untuk membantu mengurai permasalahan volume sampah di masyarakat," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman Purwanto, Rabu.

Menurut dia, peningkatan pertumbuhan dan aktivitas serta konsumsi penduduk Kabupaten Sleman semakin mengakibatkan bertambahnya volume sampah yang dihasilkan.

"Sampah yang dihasilkan tersebut harus dikelola dengan baik secara sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Purwanto mengatakan, upaya tersebut sebagai langkah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat di semua kawasan, dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan serta kesehatan masyarakat.

"Sleman telah memiliki sekitar 202 kelompok pengelola sampah hingga tingkat RT, keberadaan kelompok-kelompok pengelola sampah ini dapat menjadi pioner dalam menumbuhkan kepedulian masyarakat sekaligus dapat menjadi motivasi bagi perubahan perilaku masyarakat terkait pengelolaan sampah di wilayahnya masing-masing," katanya.

Ia mengatakan, pengelolaan sampah dapat dilakukan secara swakelola atau melalui lembaga pengelola sampah. Pengurangan sampah dalam Perda Nomor 4 Tahun 2015 Pasal 4 Ayat 4 dilakukan melalui pembatasan timbulan sampah, pendauran ulang sampah, dan pemanfaatan sampah.

"Melalui pemilahan, sampah dapat difungsikan kembali sesuai dengan manfaatnya. Sampah organik dapat didaur ulang menjadi kompos, dan sampah anorganik dapat dikumpulkan untuk dijual lagi ke pengepul sampah untuk didaur ulang. Sampah yang telah dipilah mempunyai nilai jual, sehingga memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat dan pelaku daur ulang sampah," katanya.

Ia mengatakan, pemilahan sampah mampu mengurangi pencemaran dan menciptakan lingkungan tempat tinggal yang lebih bersih. Selain itu menjadi salah satu upaya dalam menjaga kesehatan dan keselamatan masyrakat.

"Diharapkan campur tangan masyarakat lebih ditingkatkan kembali dalam pengelolaan sampah baik sampah dalam rumah tangga maupun di lingkungan sekitar. Dengan campur tangan masyarkat dalam menjaga lingkungan maka bukan tidak mungkin akan tercipta lingkungan yang nyaman.

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024